Agar Aman Dan Nyaman Di Taksi

Ilustrasi gambar Mobil Taksi
Jakarta (2/3/2014) SHnews ~ Kehilang barang berharga di taksi mungkin hanyalah salah satu masalah yang banyak dialami penumpang taksi. Meskipun transportasi umum ini terbilang nyaman karena dilengkapi pendingin udara dan tak perlu berbagi dengan penumpang lain, anda tetap perlu berhati-hati ketika hendak menaikinya.

Cara aman naik taksi ialah mengorder taksi dari perusahaan taksi via telepon. Dengan cara tersebut, data pemesanan seperti nomer taksi, nama sopir, dan data anda akan tercatat di perusahaan taksi.

Alternatif lainnya adalah mencari taksi dari pangkalan resminya, seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, stasiun kereta, bandara, atau hotel. Umumnya tempat-tempat tersebut bekerja sama dengan perusahaan taksi tersebut yang bereputasi baik dan aman.

Namun, apabila kedua cara diatas tidak dapat dilakukan, pilihan terakhir dan banyak dilakukan calon penumpang adalah menyetop taksi di pinggir jalan. Pastikan anda memilih armada taksi dari perusahaan yang dikenal dengan pelayanan yang baik.

Khusus pada malam hari, pastikan anda menghentikan taksi di tempat terang dan ramai. Tak lupa, anda perhatikan dulu ciri khas armada taksi seperti warna kendaraan, nomer taksi, logo perusahaan diatas kap mobil, dan namanya.

Nah, setelah masuk ke dalam taksi, ada beberapa hal yang harus anda lakukan, antara lain mengatakan alamat tujuan serta memberi tahukan rute terbaik jika sudah terbiasa melewatinya dan memastikan sopir taksi memasang argometer dengan benar.

Amatilah pula foto di kartu identitas pengemudi apakah sama dengan pengemudi taksi, sopir memakai seragam resmi, serta nomor taksi yang umumnya ditempelkan dipintu bagian dalam. Jika situasi terasa mencurigakan, segeralah turun dari taksi di tempat yang aman dan ramai.

Apabila duduk didepan sebelah pengemudi taksi, pastikan anda sudah menggunakan sabuk pengaman. Jika memilih duduk dibagian belakang, pililah posisi nyaman dan mudah untuk melihat jalan.

Tidak lupa, jika memilih memakai jalan tol dan mampir sebentar kesuatu tempat, anda berikan uang untuk bayar tol dan parkir.

Upayakan selama dalam perjalanan, anda tidak lengah dan tertidur lama di taksi. Kehati-hatian ketika menumpang taksi tetap diperlukan, termasuk menghafalkan nama supir dan nomor taksi, sebagai upaya prevensif terhadap tindakan kejahatan atau kelalaian anda meninggalkan benda berharga.

Jangan lupa, jika puas dengan pelayanan pengemudi taksi, tak ada salahnya anda memberikan tip tambahan ketika membayar biaya taksi. ~ Jhon Kolay ~

Foto by
Sumber kompas