Apakah Hiu Dan Pari Akan Segera Punah?

Ilustrasi gambar Nelayan berburu hiu
Jakarta (2/3/2014) SHnews ~ Ikan Hiu, Pari dan ikan-ikan bertulang rawan lainnya (cartilaginous), sudah ada disekitar kita selak ratusan juta tahun lalu. Namun siklus reproduksi ataupun perkembangan binatang ini sangat lambat.

Berdasarkan sebuah kajian mutahir yang dilakukan sejumblah peneliti dari Universitas Simon Fraser, Kanada, sekitar seperempat dari total populasi hiu dan pari di dunia terancam punah.

Ancaman terbesar akan dialami spesies yang hidup di perairan dangkal. Itu berarti, risiko yang akan dihadapi ikan pari lebih besar dibandingkan dengan hiu ataupun "chimera" (keluarga hiu).

Kajian ini merupakan pendekatan analistis sistematik terhadap 1000 spesies yang tersebar di dunia, yang terancam oleh penangkapan dan kerusakan habitat. Penurunan populasi yang paling dratis terjadi diperairan Indo-Pasifik dan laut Mediterania.

Penangkapan ikan besar-besaran dimotori oleh nelayan Asia yang mengincar hiu untuk hidangan tradisional China yang harganya mahal, yaitu sup sirip ikan hiu. Setiap tahun sirip hiu dari 25 juta hingga 70 juta ikan diperdagangkan. Bahkan, angka sebenarnya diperkirakan mencapai tiga atau empat kali lipat.

Punahnya rantai atau predator, seperti hiu, sungguh mengawatirkan dan bisa menimbulkan efek domino pada ekosistem laut dan dunia perikanan.
~ Jhon Kolay ~

Sumber : the new york times