Bukan Resep Rahasia : Nasi Ulam makanan khas Betawi



NASI ULAM BETAWI

Shnews, Bogor 14/03/2014 Banyak sekali makanan khas Nusantara yang dapat kita nikmati bersama baik bersama keluarga, kerabat, dan teman-teman. Biasanya kita lakukan sambil berekreasi atau mampir di warung makanan yang kita tuju untuk menikmati makanan tersebut. Memang jika kita mau menikmatinya tinggal tunjuk dan langsung di hidangkan. Tapi terkadang kita  ingin sekali disajikan makanan yang di suka saat itu tempatnya sulit dicari atau  ketika sampai di warung makanan terlalu lama dihidangkannya.
Oleh karena itu perlunya kita bisa menikmati makanan buatan keluarga itu lebih mantap, penyajiannya bersih, bahan bakunya mudah didapat, bisa dijadwalkan kapan kita makannya, terutama makan pagi dimana warung makan yang sesuai selera kita saat itu tidak ada atau belum buka. Apalagi menu makanan yang satu ini Nasi Ulam.
Nasi ulam dibuat untuk keluarga tercinta karena disajikan dalam suasana yang sedang berselera sesuai rencana. Komposisinya ada nasi pulen yang diberi taburan serundeng , kacang tanah, kerupuk dilengkapi dengan sayuran kacang panjang yang di iris kecil-kecil, irisan ketimun dan taburan daun kemangi yang tidak kalah menarik lagi diberi petai goreng serta sambal terasi weih.. rasanya hmmm... yuummy.
Mengenai lauknya bisa di buat beberapa pilihan, misalnya tahu, tempe goreng dan ayam goreng atau empal goreng,ikan teri goreng. Bersama keluarga atau kerabat atau teman akan menambah keakraban. Untuk resep serundeng ulam : ½ kelapa  yg diparut ditambahkan bumbu ulegan bawang putih, ketumbar,cabe rawit pedas,irisan sereh dan terasi serta garam sesuai selera. Campur semua bahan lalu di sangrai hingga kecoklatan.
Selamat mencoba.
Shnews Jurnalis Penggagas Bunda Dwi JP
Foto dokumen pribadi : Bunda Dwi JP.