Dampak Dan Manfaat Teknologi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

gambar ilustrasi






Jakarta SHnews, (11/03/14) – Perkembangan teknologi di dunia sangat pesat, mencakup segala aspek, dan sangat mempengaruhi mobilitas dunia.  Teknologi membawa kita ke beberapa dampak yang telah di alami di Indonesia, ada dampak yang Positif maupun Negatif,
Hampir dalam keseharian kita, tidak luput dari teknologi, seperti, mencari informasi dengan cepat, membuat keseharian menjadi update (tidak ketinggalan), mengerjakan pekerjaan, pengiriman dengan hanya menekan tombol enter dan mengirim via E-mail, tanpa harus menunggu surat yang hingga berhari-hari, dan dalam satu genggaman smartphone anda bisa menggunakn dengan banyak fungsi berkomunikasi jarak jauh, pesan singkat, layanan internet, dan serta masih banyak yang lainya, sungguh manfaat yang luar biasa.

Hadirnya internet dan teknologi sendiri di Indonesia membawa begitu banyak kemajuan dalam aspek pendidikan, kesehatan, politik, bisnis, agama.
Hadirnya Al-Quran elektronik, kamus bahasa elektronik, perpustakaan digital, bahkan ada robot mainan yang bisa mengajarkan solat.

Teknologi sebenarnya sejak dulu sudah ada. Pada dasarnya teknologi di ciptakan  untuk memudahkan manusia. Tapi, kadang-kadang teknologi yang di ciptakan manusia tidak semuanya membantu, lambat laun akan menjadi bom waktu yang  siap meledak. Pada satu sisi, perkembangan teknologi telah membawa maanfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban manusia. Pekerjaan yang sebelumnya menuntut kekuatan dan fisik, kini sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin otomatis.

Namun sudah bijak kah kita dalam menggunakan teknologi?
Seperti senjata boomerang yang justru dapat melukai diri sendiri. Dampak negative pun ikut turut meramaikan kemajuan teknologi , tidak sedikit pula dampaknya, penipuan, manipulasi, sabotase, dan timbulnya budaya INSTAN atau budaya praktis yang membuat generasi muda malas utuk mencoba, malas  berusaha untuk mendapatkan sesuatu.

Layaknya manusia yang mempunyai akal Dan pikiran hendaknya kita dapat menerima dan menggunakan teknologi dengan bijak, agar membawa dampak positif dalam kehidupan kita maupun orang banyak. (C.a)