HIKMI Minta KPU Netral Laksanakan Tugas



Hamdan Maulana, Ketua Umum HIKMI
Jakarta, SHnews (19/03/2014). Himpunan Kawula Muda Indonesia (HIKMI) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk tetap netral dan bebas dari tekanan oknum-oknum tertentu, baik pemerintah maupun peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun ini.

"Kita tegaskan agar KPU ini benar-benar netral. Jangan sampai ada tekanan dan intervensi dari kelompok-kelompok tertentu dalam penyelenggaraan Pemilu tahun ini". Tegas ketua Umum HIKMI, Hamdan Maulana, saat diwawancarai SHnews, Rabu (19/3/14).

Hamdan mengatakan secara kelembagaan HIKMI memberikan dukungan penuh kepada penyelenggara Pemilu baik dari komisi pemilihan umum tingkat pusat, provinsi dan kabupaten serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dalam melaksanakan tugas untuk mensukseskan pemilu legislatif dan pemilu presiden mendatang.

"Kita dukung penyelengara pemilu dalam melaksanakan tugasnya untuk mensukseskan pemilu tahun ini," ungkap mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia itu.

Namun, ia juga meminta agar seluruh penyelengara pemilu tetap netral dan independen tanpa intervensi dari partai-partai penguasa. Pasalnya, menurut Hamdan ORMAS akan melakukan pengawasan terhadap kinerja lembaga penyelengara pemilu dalam melaksanakan tugas, dan pihaknya akan melaporkan penyelenggara pemilu kepada pihak penegak hukum, apabila ditemukan pelanggaran.

" Kami akan melakukan pengawasan kepada penyelengara pemilu, kalau melakukan pelanggaran kita pasti laporkan kepada penegak hukum,"Katanya.