Indonesia Kaya Akan Budaya



Indonesia Kaya Akan Budaya 
 

JAKARTA,SHNews-Keragaman budaya di Indonesia merupakan hal yang nyata. Indonesia sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia menjadi Negara dengan budaya yang sangat banyak. Budaya-budaya yang berkembang di Indonesia banyak yang terpengaruh faktor geografis, mulai dari budaya yang berkembang di masyarakat yang menetap di pegunungan, tepian hutan, pesisir, dataran rendah, pedesaan, hingga perkotaan. 

Selain itu ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi perkembangan budaya Indonesia seperti agama dan modernisasi (kebudayaan dari luar), proses asimiliasi budaya yang datang dari luar seperti agama banyak mempengaruhi perkembangan kebudayaan Indonesia. Seperti penyebaran agama Islam sebagai agama terbesar di Indonesia mempengaruhi teknik arsitektur bangunan-bangunan rumah adat, seperti dapat kita lihat dari beberapa rumah adat yang mengadaptasi system kubah yang pada umumnya ada pada masjid. 

Selain contoh-contoh fisik perbedayaan kebudayaan, keanekaragaman budaya juga terjadi pada interaksi social. Seperti halnya pulau jawa yang terbagi atas beberapa provinsi, pembagian provinsi biasanya didasari oleh landasan kultural. Kita ambil contoh Jawa Barat dan Jawa Tengah, Jawa Barat didominasi oleh etnis suku bangsa sunda dan Jawa Tengah didominasi oleh etnis Jawa. Perbedaan etnis sunda dan etnis jawa dapat kita lihat dari tutur kata (bahasa daerah) dan attitude. Perbedaan-perbedaan cara bersosialisasi inilah yang mendukung terciptanya provinsi-provinsi di Indonesia. Banyaknya kebudayaan di Indonesia menjadi suatu kekayaan bangsa yang tidak bernilai harganya. Perbedaan-perbedaan ragam budaya ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia.Fathur rozie