Indonesia Sasaran Terbesar Bidikan Jepang

Ilustrasi Gambar Bendera Negara Jepang
SHnews, Jakarta (3/3/2014) ~ Berdasarkan hasil survei dari Japan Bank For Internasional Cooperation (JBIC) baru-baru ini, memberikan datanya yang cukup baik untuk perekonomian di Indonesia. Saat ini Indonesia menjadi negara yang paling diminati oleh investor Japang didunia.

Selama ini sasaran terbesar investasi Jepang adalah China diposisi pertama, namun kini posisi tersebut telah digeser oleh Indonesia. China kini harus puas berada diurutan ke-4.

"Seumur-umur Indonesia tidak pernah diatas peringkat 8. Pasti di bawah nomor 9, 10 dan seterusnya. Tiba-tiba naik ke nomor 3 dan sekarang nomor 1," kata Mahendra. Siregar Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) pekan lalu, di Jakarta.

Mahendra beranggapan bahwa, investor Jepang tentunya memiliki pertimbangan sendiri untuk memilih Indonesia sebagai negara tujuan favorit berinvestasi. Menurut perkiraannya, Indonesia menjadi sasaran investasi tidak lepas dari keberhasilan Indonesia dalam menjaga ekonominya tetap stabil dan berkelanjutan. "Pertumbuhan ekonomi China memang tinggi, tapi tidak sustainable. Dunia mengatakan yang sustainable itu adalah disebutkan Indonesia," katanya.

Menurut Mahendra, ekonomi China terlalu mengandalkan orientasi ekspor sehingga konsumsi domestik terlupakan. Namun ketika perekonomian dunia melambat, akhirnya memberikan dampak yang buruk bagi ekonomi China.

Mahendra juga mengakui, di Indonesia basih banyak terdapat kekurangan. Pertumbuhan pembangunan infrastruktur masih sangat minim, daya saing rendah dan iklim usaha juga tidak terlalu baik. Bila dibandingkan dengan Malaysia dan Thailand, posisi Indonesia masih tertinggal. Namun, dari semua kelemahan itu, harus diakui bahwa nilai investasi di Indonesia sangat besar dan terus meningkat berlipat-lipat setiap tahunnya. ~ Jhon Kolay ~

Foto by republika