Ingin Ceria Sampai Lansia, Ajak Otak Anda Berdansa



    
   Apakah benar jenius hanya dimiliki orang-orang tertentu yang sudah ditakdirkan Tuhan saja..? jawabannya adalah Tidak. Kenyataannya,  setiap  manusia  berkesempatan   untuk    menjadi  jenius. Thomas  Alfa Edison  sang  ilmuwan  penemu  lampu  mengatakan bahwa jenius adalah 1 % inspirasi dan 99% keringat. Artinya  jenius  tidak  datang  begitu  saja,  melainkan  diciptakan  dengan  kerja   keras. Caranya  dengan  mengoptimalkan  fungsi  organ  yang  menjadi  pusat  dari  semua  pembelajaran  yaitu otak.
       Tahukah anda, jika kebanyakan orang tidak khawatir dengan kondisi penurunan memori yang mungkin terjadi beberapa tahun ke depan ? Menurut penelitian di University of Virginia, gangguan memori bisa muncul sejak usia 20-an. Setelah mengevaluasi lebih dari 2.000 pria dan wanita berusia antara 18 – 60 tahun selama tujuh tahun, para peneliti menemukan bahwa pada usia 27 tahun, kecepatan otak dalam memecahkan teka-teki dan penalaran mulai menurun. Namun otak anda tidak perlu panik, otak masih memiliki daya plastisitas untuk menyimpan memori. Hanya saja panggilan memori tersebut sedikit tersendat.  Ini menunjukan bahwa otak harus dijaga kesehatannya agar tetap focus dan berfungsi optimal.

       Kelebihan otak manusia yang dahsyat ini lebih dari cukup untuk menjadi wadah pengolahan informasi yang kemudian disebut sebagai proses berpikir. Inilah  keajaiban  sesungguhnya dari otak manusia. Pikiran  manusia ternyata dapat menciptakan hubungan dengan pikiran orang lain di mana saja dan kapan saja. Baik disadari yang kemudian disebut  pikiran sadar, maupun yang tidak disadari yang kemudian disebut pikiran bawah sadar. Inilah potensi terbesar manusia untuk bisa menjadi jenius. Kemampuan otak setiap manusia adalah sama.  Bedanya hanya  terletak  pada  kemampuan  manusia  untuk memanggil kembali informasi yang diserap otak. Pikiran  bawah sadar manusia mendominasi memori otak yaitu menempati persentase 88%,  sisanya  digunakan  dalam  pikiran  sadar manusia seperti  berjalan, makan, belajar dan kegiatan  lain  yang  kita  lakukan  secara sadar.  Sementara  perasaan  manusia, luapan emosi dan  pengalaman disimpan dalam pikiran bawah sadar manusia yang  memiliki 70–100 trilliun gambar. 

Jika anda hendak menjadikan otak anda beringas sampai tua, teruslah melakukan senam otak dan tingkatkan frekwensi aktifitas otak anda atau dengan kata lain terus pakailah otak anda. AbuAr

Yayasan  Aplikasi Ilmu Otak Indonesia  (Y A N I) mengadakan seminar dengan tema; Upgrade Memory (Otak). diadakan satu hari dengan tema “Meningkatkan & Memelihara Fungsi Kognitif dan Mental Selalu Prima  tertarik mengikuti seminarnya siahkan hubungi panitia di alamat dan nomor berikut;  Gedung Nanas Center, Jl. Nanas III No. 28 Matraman  -  Jakarta Timur Telp : 021 – 8574 383, Fax : 021 – 8574 383