Kenapa Tidak, Menjadi Wirausaha





Jakarta SHnews , ( 1/03/14)- Ketika berbicara tentang ENTREPRENEUR atau  WIRAUSAHA
Apa yang terlintas di pikiran anda ?  Bisnis , berdagang atau membuka usaha.Apa yang akan dilakukan setelah menyelesakan pendidikan..? mencari pekerjaan / jadi pegawai,  menjadi wirausahawan, atau menjadi karyawan sambil berwirausaha. 






Kewirausahaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan keberanian seseorang dalam menjalankan kegiatan bisnisnya.Entrepreneur adalah suatuk emampuan untuk mengelola sesuatu yang ada pada diri kita untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup kita.

Pelopor  wiraswasta Indonesia adalah adalah DR. Suparman Suhamamijaya Menekankan adanya peluang kelompok kreatif entrepreneur Indonesia untuk mengangkat  bangsa dari kemiskinan. 
Sejatinya jiwa kewirausahawan dapat di bangun sejak dini, menanamkan kemandirian, membuka wawasan seluas-luasnya dan menciptakan inovasi-inovasi baru yang kreatif khusus nya pada dunia bisnis.


 Kasus pengangguran di Indonesia,  Jumlah pengangguran di Indonesia 10% adalah kaum Pengangguran terdidik yang menyandangi gelar sarjana,Siapakah yang bersalah ; apakah mahasiswa, orangtua, perguruan tinggi atau pemerintah.? Hasil penelitian ;                                            
-Mahasiswa sulit untuk mau dan memulai berwirausaha dengan alasan mereka tidak diajar dan dirangsang berusaha sendiri.
 -Didukung oleh lingkungan budaya masyarakat dan keluarga yg dari dulu selalu ingin anaknya menjadi orang gajian / pegawai. 
-Para orang tua kebanyakan tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan berusaha.
-Maka mereka (orangtua) lebih cenderung mendorong anak-anaknya untuk mencari pekerjaan atau menjadi  karyawan.
- Salah satu factor lain adalah tidak ada atau sulitnya memiliki modal untuk berwirausaha. 

Untuk memajukan perekonomian dan kesejahteraan Indonesia butuh 4juta wirausaha terutama yang Inovatif,di Indonesia baru ada 400.000 atau 0,18% sebaiknya 2%dari populasi.
Lembaga pendidikan tinggi diharapkan mampu menciptakan jiwa wirausaha sehingga mereka mampu mandiri dan menciptakan lapangan kerja.Pendidikan Kewirausahaan/ Entrepreneurship Indonesia perlu ditingkatkan. 

Ir.Ciputra (Kompas 31-8-2009).Generasi muda sudah saatnya mengubah pola pandang, jangan hanya berfikir menjadi pegawai setelah lulus dari Lembaga Pendidikan Tinggi, apalagi Pegawai Negeri, menjadi Wirausaha perlu difikirkan sebagai pilihan.  (C.a)