Keris Titipan Leluhur Untuk Kita

Keris Titipan Leluhur Untuk Kita



JAKARTA,SHNews- keris merupakan warisan leluhur yang harus di lestarikan adanya. UNESCO mengakui keris adalah budaya Indonesia dengan begitu tidak akan lagi ada bangsa yang menganggap atau mengklaim keris adalah budaya dari bangsa asing.

Sampai saat ini keris masih digunakan dalam berbagai ritual kebudayaan di berbagai daerah contoh kecilnya di daerah yang berpenduduk suku jawa, keris biasa digunakan sebagai pelengkap busana pernikahan untuk pengantin pria.

Hal ini terjadi karena keris dianggap sebagai lambang pusaka dan simbol kejantanan pria. Selain itu, keris juga dianggap memilki fungsi spiritual, ini terbukti  dalam upacara peringatan satu sura di keraton Yogyakarta, ada ritual mengkirabkan senjata tajam seperti tombak pusaka, pisau besar (bendho), termasuk juga keris. Dalam upacara ini senjata unggulan keraton diarak mengelilingi keraton sambil memusatkan pikiran dan perasaan untuk memuji dan memohon kepada pencipta semesta alam, agar diberikan kesejahteraan,kebahagiaan dan perlindungan. 


Masyarakat Jawa tradisional beranggapan bahwa keris bukan hanya senjata yang berfungsi untuk mempertahankan diri tapi juga lambang kedaulatan orang Jawa. Keris juga dianggap sebagai senjata tajam yang dipercaya memiliki kekuatan magis sehingga masyarakat Jawa tradisonal melakukan riual-ritual khusus untuk menjaga keris seperti mengasapkan keris di malam Jumat atau ritual mengasamlimaukan keris sebagai cara untuk menjaga logam keris dan menambah bisa nya.Fathur rozie