Keutamaan Membaca Bismillah



Dalam beberapa kitab salaf lafadz basmalah selalu muncul di awal muka, penulis kitabnya tidak lupa akan menempatkan lafadz tersebut, sampai ada keterangan yang menjustifikasi bahwa basmalah itu wajib bila memulai suatu pekerjaan “ kullu amrin di balin yuftatahu bi bismillahi fahuwa abrau “ setiap pekerjaan yang baik bila dimulai dengan basmalah maka itu lebih utama, lebih baik dan barokah. lalu sampai dikisahkan dalam kitab-kitab klasik keutamaan membaca basmalah setiap memulai pekerjaan.
kisah seorang perempuan tua yang taat beragama, tetapi suaminya seorang yang fasik dan tidak mau mengerjakan kewajiban agama dan tidak mau berbuat kebaikan.
Perempuan itu sentiasa membaca Bismillah setiap kali ingin berkata dan setiap kali dia ingin memulai sesuatu sentiasa didahului dengan Bismillah. Suaminya tidak suka dengan sikap isterinya dan sentiasa meledek isterinya.
Suaminya berkata sambil mengejek, "Asyik Bismillah, Bismillah. Sebentar-bentar Bismillah."
Isterinya tidak berkata apa-apa sebaliknya dia berdoa kepada Allah SWT. supaya memberikan hidayah kepada suaminya. Suatu hari suaminya berkata : "Suatu hari nanti akan aku buat kamu kecewa dengan bacaan-bacaanmu itu."
Untuk membuat sesuatu yang mengejutkan isterinya, dia memberikan uang yang banyak kepada isterinya dengan berkata, "Simpan uang ini." Isterinya mengambil uang itu dan menyimpan di tempat yang aman, sementara itu suaminya telah melihat tempat penyimpanan uang yang dipakai oleh isterinya. Kemudian dengan senyap-senyap suaminya itu mengambil duit tersebut dan meletakkan tas uang tadi ke dalam lubang di belakang rumahnya.
Setelah beberapa hari kemudian suaminya itu memanggil isterinya dan berkata, "Berikan padaku uang yang aku berikan kepadamu waktu itu untuk disimpan."
Kemudian isterinya pergi ke tempat dia menyimpan uang itu dan diikuti oleh suaminya dengan berhati-hati dia menghampiri tempat dia menyimpan uang itu dia membuka dengan membaca, "Bismillahirrahmanirrahiim." Ketika itu Allah S.W.T. menghantar malaikat Jibril A.S. untuk mengembalikan tas uang dan menyerahkan uang di dalamnya itu kepada suaminya kembali.
Alangkah terkejutny suaminya, dia merasa bersalah dan mengaku segala perbuatannya kepada isterinya, ketika itu juga dia bertaubat dan mulai mengerjakan perintah Allah, dan dia juga membaca Bismillah apabila dia ingin memulakan sesuatu kerja.
Subhanallah, itulah salah satu kemuliaan membaca Bismillah. Maka mulai sekarang cobalah memulai dengan Bismillah dalam melakukan setiap aktivitas sehari-hari.