Khasiat Vitamin A

Buah-buahan Vit.A
Jakarta SHNews(10/2). Manfaat vitamin A bagi tubuh yang kita kenal adalah untuk menjaga kesehatan mata. Namun taukah anda selain itu vitamin A juga memiliki kegunaan yang banyak sekali yakni dapat mempertahankan kesehatan gigi, menjaga elastisitas kulit dan rambut. Vitamin A juga diperlukan dalam proses pembentukan janin yang bisa menentukan gen pada proses perkembangan organ-organnya. Mempercepat proses penyembuhan luka. Dalam proses reproduksi normal vitamin A juga sangat diperlukan karena mempengaruhi fungsi dan pembentukan sperma, indung telur dan plasenta.
Vitamin A juga sangat membantu mengatasi jerawat dan bisul.
Vitamin A bisa didapat dari sayuran dan buah-buahan yang kaya betakaroten seperti :
·  Wortel : Siapa yang tidak kenal wortel? Dalam film animasi kartun biasanya kelinci diidentikkan dengan memakan wortel (walaupun tidak selalu tepat seperti itu) sehingga memberikan ajakan untuk memakan wortel agar terlihat lebih sehat seperti kelinci. Wortel ini sangat bermanfaat tidak hanya pada saat dimakan. Wortel mengandung vitamin A sebanyak 835 mg (93%) dan kandungan beta karoten sebanyak 8285 mg (77%).
· Brokoli : Meski Brokoli adalah sayuran yang mengandung banyak folat, vitamin C dan kalsium. Brokoli juga mengandung vitamin A. Selain bermanfaat sebagai penunjang kesehatan mata, brokoli juga sebagai sayuran yang mampu menormalkan kadar gula dalam darah
· Kangkung : Tercatat dalam 100 gr kangkung mengandung vitamin sebanyak 1.890 mg. Sedangkan vitamin C mengandung 32 mg dan vitamin B1 sebanyak 0,07. Tidak dapat dipastikan berapa kandungan vitamin A dalam kangkung. Karena kadar 1.890 mg tersebut kandungan vitamin gabungan termasuk kandungan vitamin A. Manfaat kangkung untuk mengobati sembelit, memperlancar buang air kecil, serta sebagai anti radang
· Bayam : kandungan vitamin A dalam kadar 100 gr bayam adalah sekitar 1.827 mg. Dalam riset orang-orang yang mengkonsumsi bayam dapat mencegah resiko katarak dan degenerasi macula.Juga bermanfaat untuk mencegah jantung koroner dan anemia
· Pepaya : pepaya mengandung 276 mikrogram dalam 100 gr sajian Fungsi dari pepaya antara lain sebagai antiseptik serta menjadi pemecah protein serta lemak yang masuk ke dalam tubuh.
· Pisang : kandungan vitamin A pada pisang adalah 45 mg dalam 100 gr. pisang memiliki manfaat seperti mencegah penyakit anemia, mengobati penyakit liver, dan bermanfaat bagi penderita diabetes.
· Melon : Kandungan vitamin A pada buah melon dalam takaran 100 gr adalah 642 mcg. Fungsi Melon dapat menghaluskan kulit serta menyehatkan ginjal. Bahkan bisa menjadi obat anti sembelit secara alami.
· Semangka : dalam takaran 100 gr dapat memenuhi 11% kebutuhan vitamin A untuk tubuh. Buah ini bermanfaat sebagai anti kanker. Dengan artian zat likopen yang terdapat dalam komponen warna merah buah semangka ini mampu melawan radikal bebas. Sehingga mampu melawan kanker seperti kanker prostat, kanker kolon serta kanker ovarium dan kanker payudara.
· Belimbing : Meski jarang dikonsumsi orang karena rasanya yang asam dan kecut. Namun tak ada salahnya mengetahui manfaat dan kandungan vitamin A pada buah belimbing. Vitamin A pada belimbing adalah 61 IU setiap 100 gr sajiannya. Bermanfaat untuk mencegah hepatitis. Jika dibuat jus dapat menjadi pengembali stamina.(mz)