Langkah Mudah Redakan Stres

gambar ilustrasi









Jakarta SHnews, (17/03/14) -
Menjalani aktivitas di tengah sibuknya ibukota tentunya membuat kita merasa penat dan stress di tiap harinya mengalami macet,  kerjaan di kantor dan yang lain-lainya.
Ada beberapa tips untuk anda yang mungkin bisa di terapkan.


Yang pertama tak melakukan apa-apa . luangkan  10 menit setiap hari untuk diam, tanpa melakukan apa pun. Memang lebih sulit dilakukan daripada diucapkan, tetapi coba lakukan sekarang. Duduk saja (lupakan keinginan untuk merencanakan makan malam anda hari ini).
Rasakan kepuasan/kesenangan karena tidak melakukan apa-apa. Ganjarannya, ketenangan pikiran anda sepanjang hari.

Kedua, dengarkan bunyi-bunyian menenangkan.  Butuh inspirasi? Putar CD Favorit.
Penelitian  mengungkapkan, musik dapat membantu memperlambat detak jantung  dan menurunkan tekanan darah.

Ketiga, Stop melihat jam. Kita kerap diingatkan betapa sedikit waktu yang kita miliki untuk meraih banyak hal. Hal itu memicu rasa frustasi  dan membuat kita terbebani untuk memenuhi tenggang waktu. Coba batasi jumlah  jam di rumah dan area kerja.

Keempat, berbicara dengan lambat.  Bukan berarti anda harus mengubah sama sekali kecepatan bicara anda. Tetapi coba belajar memperhatikan kata-kata yang keluar dari mulut anda dan berfikir baik-baik sebelum memulai berbicara, anda akan mengelabui otak ke dalam suasana yang lebih tenang.

Kellima,  buang jauh kesempurnaan. Berupaya sekuat tenaga saat melakukan sesuatu kadang menimbulkan stress berat. Itulah sebabnya anda sebaiknya berusaha semampu anda dan puaslah dengan hal itu. Entah saat merencanakan pesta atau menyiapkan presentasi, tak perlu resah untuk selalu sempurna, mulus tanpa cacat.


Dan yang terakhir,  atur hidup anda.  Buatlah rencana sebelumnya. Mulailah kebiasaan membuat daftar hal yang harus anda lakukan hari ini, daftar belanja dan bahkan daftar keinginan. Hindarkan  kebiasaan menunda sesuatu dengan membagi proyek besar mejadi beberapa tujun yang lebih kecil dan jangan takut untuk meminta bantuan orang lain, jika butuh. (C.a)