Makanan Yang Harus Di Hindari Penderita Diabetes (Kencing Manis)

Ilustrasi gambar makanan berkadar gula tinggi
SHnews (4/3/2014) ~ Selama bertahun-tahun pasien dengan diabetes diinstruksikan untuk secara ketat menghindari semua macam gula sederhana, termasuk gula dan makanan/minuman yang mengandung gula. Penelitian terakhir membuktikan bahwa gula dalam jumblah kecil maupun makan yang mengandung gula dengan kadar rendah dapat diterima sebagai suatu diet pada penderita diabetes. Hal ini harus dilakukan sebagai pengganti makanan lain yang mengandung karbohidrat, tidak sebagai tambahan karena kebutuhan karbohidrat dalam diet masih tetap dibutuhkan dalam jumblah tertentu.

Dalam menentukan pengganti gula yang dapat dipakai sebagai makanan yang mengandung karbohidrat, penderita diabetes harus memperhatikan bahwa gula dapat menyebabkan gigi berlubang. Demikian juga, banyak makanan dengan kadar gula tinggi mengandung lemak dalam kadar tinggi juga, oleh karena itu, kalorinya juga tinggi. Jika berat badan merupakan pertimbangan yang penting, makanan-makanan seperti itu tidak boleh dimakan terlalu sering.

Untuk mengatur diet pada penderita diabetes secara optimal, sangatlah penting untuk berkonsultasi dengan seorang ahli gizi guna menetapkan perencanaan diet secara individuil yang perlu dilakukan dengan mempertimbangkan antara lain kadar gula darah, kadar lemak dalam darah, berat badan dan gaya hidup.
~ Jhon Kolay ~

Foto by republika
Sumber: MediaMedia