Masjid Pitung di Marunda

Masjid Si Pitung, Marunda
Jakarta SHNews(11/2). Berjarak hanya sekitar 200 m dari Rumah Si Pitung, namun lebih dekat menuju bibir Pantai Marunda, Jakarta Utara. Masjid Al Alam yang terkenal dengan nama Masjid Si Pitung merupakan masjid tertua di kawasan Kampung Marunda Pulo.
Berdiri sekitar abad ke-16, dalam catatannya Masjid ini dibangun oleh Fatahillah pada 1527. Konon menurut cerita yang beredar masjid yang gaya arsitekturnya mirip dengan Masjid Agung di Demak hanya dibuat dalam satu malam. Dinamakan demikian sebab di masjid inilah Si Pitung pernah menunaikan ibadah sholat lima waktu sekaligus sebagai tempat bersembunyi dari kejaran kompeni Belanda.
Yang menarik dari masjid ini selain bangunan yang masih dibiarkan seperti aslinya, adalah adanya sumur tiga rasa : asin, pahit, payau rasa air rawa.

Air sumur ini selain biasa dipakai orang untuk berwudhu juga diyakini oleh penduduk berkhasiat bisa mengobati segala jenis penyakit. Sumur yang letaknya di sebelah kiri  masjid ini awalnya hanya berbentuk kolam, kemudian oleh pihak pengelola masjid diubah menjadi sumur karena banyaknya warga yang mengambil air wudhu di masjid ini.(mz)