Nasi uduk, Pucung gabus.....

Jakarta SHnews, [ 4/3/14 ] - Siapa yang tak kenal dengan nasi uduk Betawi,...? hampir seluruh masyarakat Jakarta mengenal dan menyukai kuliner yang terbuat dari nasi campur santan kelapa, daun salam dan sereh. rasanya yang gurih ditaburi bawang goreng dan krupuk . nasi uduk Betawi memang beraneka ragam rupa , warna dan rasa, serta bermacam - macam lauknya. ada yang dengan ayam goreng kampung, ada yang dengan semur jengkol. dan ada yang lebih unik lagi : sayur pucung gabus..? ikan gabus yang dimasak dengan kluwek dan bermacam - macam bumbu dan kecap. adalah termasuk makanan ciri dari masyarakat Betawi .

Nasi uduk Betawi memang sudah melegenda dari jaman ke jaman . kemungkinan sejak penjajahan dulu, dan diwariskan secara turun temurun , kuliner ini banyak kita jumpai hampir diseluruh pelosok Jakarta dari restaurant sampai gorong - gorong dan jalan - jalan sempit.  memang nasi uduk bukan hanya milik orang Jakarta saja. tapi di Bekasi nasi uduk pun terkenal, entah siapa yang membawa kesana ? ada nasi uduk Babelan, nasi uduk Bulak kapal. dan sebagainya.

Di Jakarta nasi uduk selain sebagai kuliner jajanan atau jadi barang bawaan dalam  acara  sunatan atau selametan menjelang awal Ramadhan. masyarakat Jakarta harus bangga dengan kuliner yang juga merupakan  ciri kebanggaan dan harus dijaga kelestarianya. seperti nasi uduk H. Lengket dari Klender yang terkenal turun temurun atau pucung gabus mpok uyi dari duren sawit . mursito.