Nur Jannah yang mencuri kiswah di Mekkah akhirnya dibebaskan



Satu tindakan kriminal Nur Jannah Amin Sadjo Seorang WNI yang sedang beribadah umrah di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi ditangkap karena kedapatan menggunting kain penutup Kabah (kiswah). Beruntung perempuan asal Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan ini akhirnya dibebaskan.

"Setelah melalui proses investigasi oleh Badan Investigasi dan Penuntut Umum Makkah, Nur Jannah Amin Sadjo pelaku pengguntingan kain kiswah Ka’bah akhirnya dibebaskan oleh pihak penyidik dan kasusnya dianggap selesai," tulis Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Jeddah, Syarif Shahabudin dalam keterangannya yang disampaikan ke redaksi, Selasa (4/3/2014).

Setelah mendapat kabar salah satu warganya ada yang tertangkap, pihak KJRI mengaku terus melakukan pendekatan kepada pihak-pihak terkait, khususnya dengan pihak Kantor Badan Investigasi dan Penuntut Umum Makkah, agar Nur Jannah bisa segera dibebaskan.

Nur Jannah ditangkap pada 27 Februari 2014 malam oleh Polisi Masjid AI Haram Makkah saat umroh. Ia kedapatan sedang menggunting kiswah Kabah di dalam Masjid. Nur Jannah bahkan sempat ditahan di Penjara Umum Wanita Tan'im Makkah.

"Pada akhirnya pihak penyidik memberikan nasihat kepada Nur Jannah untuk tidak melakukan dan mengulangi perbuatannya karena hal tersebut tidak sesuai dengan ajaran Islam dan sunnah Rasulullah dan untuk selanjutnya membebaskan Nur Jannah," tegasnya.

Sementara itu, Ali mustafa Imam besar Masjid Istiqlal menjelaskan tentang pemberian hukuman kepada NJ itu namnya ta’zir yang dilakukan oleh pemerintah atas kesalahan yang dilakukan olehnya, dan ta’zir tersebut bisa berupa hukuman cambuk atau denda sesuai hukum isl;am yang berlaku di Arab saudi.