Ongkos Kampanye Partai Hanura 241 M

Ilustrasi Gambar Gedung KPU Jakarta

Jakarta SHnews ~ Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) telah melaporkan Hasil Dana Kampanye Senin sore (2/3/2014) ke KPU. Tercatat total dana kampanye yang dilaporkan Partai Hanura ke KPU sebesar 241 miliar rupiah.
"Ada 447 caleg yang menyumbang, kurang lebih totalnya ada 8 m," kata Beni Pranoto Wakil Bendahara Umum Partai Hanura.

Pada kesempatan ini Beni mengungkapkan, pengeluaran terbesar yang dikeluarkan oleh partainya yaitu untuk biaya produksi atribut, sedangkan untuk iklan, menurut Beni, Partai Hanura hanya mengeluarkan dana sebesar 200 juta rupiah. "Kalau untuk saldo sisa 6,3 M, untuk iklan 200 juta," pungkas Deni.

KPU telah menjadwalkan pelaporan dana kampanye pada tahap pertama pada tanggal 7 Desember 2013, dan tahap kedua pada tanggal 2 Maret 2014. Untuk laporan tahap dua ini, semua parpol wajib melaporkan agar terhindar dari sangsi diskualifikasi.

Untuk tahap perbaikan pelaporan dana kampanye, KPU memberikan tenggang waktu selama lima hari setelah dana kampanye siserahkan pada tahap ke dua.

Sampai batas waktu yang telah ditetapkan oleh KPU, tercatat seluru partai peserta pemilu telah menyerahkan laporan dana kampanye tahap ke dua ke KPU, yang paling akhir menyerakan laporannya terpantau dari Partai Demokrat.

Adapun nama-nama partai dan jumblah dana yang telah dilaporkan adalah :  Partai Amanat Nasional melaporkan dana kampanya sebesar 170 M rupiah, Partai Gerindra sebesar 306,5 miliar rupiah, Partai PPP sebesar 96,7 miliar rupiah, Partai Golkar sebesar 174 miliar rupiah, Partai Nasdem sebesar 138,9 miliar rupiah, Partai PKB sebesar 69,7 miliar rupiah, Partai PKS sebesar 82,4 miliar rupiah, Partai PDIP sebesar 220,8 miliar rupiah, Partai Demokrat sebesar 268 miliar rupiah, Partai PBB sebesar 47,4 miliar rupiah, dan Partai PKPI sebesar 36,3 miliar rupiah.
~ Jhon Kolay ~

Foto by baratamedia