Parakang (manusia jadi-jadian) hanyalah mitos

Jakarta, SHnews (11/03/14) - Parakang adalah satu jenis makhluk jadi jadian di daerah Bugis-Makassar yang sangat ditakuti. Parakang bisa mengubah diri menjadi bermacam-macam wujud: pohon pisang, kambing, tangkai-tangkai bambu atau "ampoti", (bahasa Bugis terj : keranjang anyaman dari daun kelapa tempat bertelur ayam).

Mahluk ini adalah *seseorang yang bisa berubah-ubah menjadi hewan, benda dan apa saja yang bentuk dan modelnya aneh dan menyeramkan, tampak beda dengan asli (obyek yang ditirunya)Contohnya, dia berubah menjadi Anjing maka anjing hasil jelmaan manusia yang mempunyai ilmu parakang ini beda dengan anjing betulan, perbedaannya hasil setelah jelmaannya maka anjing tersebut tidak mempunyai ekor dan kaki belakangnya lebih tinggi.

Tapi beredar kabar berita bahwa semua yang di bicarakan orang tentang parakang itu hanyalah mitos , menurut salah satu masyarakat sulsawesi selatan (BONE) parakang tersebut tidak ada dalam kenyataan melainkan hanya asupan jempol , dan untuk menakuti anak-anak yang sering berkeliaran larut malam dan membuang hajat sembarang . dari situlah nama parakang terkenal sebagai manusia jadi-jadian .

JURNALIS SHnews Andi Emma Khadijah Tribuana Tungga Dewi