Permasalahan Tradisi

Jakarta, SHnews - Tradisi Tahlilan terambil dari kosa kata tablil , yang dalam bahasa arab diartikan dengan mengucapkan kalimat lailaha illallah . sedangkan tahlilan, merupakan sebuah bacaan yang komposisinya terdiri dari beberapa ayat Al-Qur'an shalawat , tahlil , tasbih , dan tahmid , yang padahalnya dihadiahkan kepada orang orang yang masih hidup maupun sudah meninggal , dengan prosesi bacaan yang lebih sering dilakukan secara kolektif (berjamaah) , terutama dalam hari-hari tertentu setelah kematian seorang muslim . Dikatakan tahlilan karena porsi kalimat la ilaha illallah di baca lebih banyak dari pada bacaan-bacaan yang lain .

Terdapat sekian banyak persoalan atau gugatan terhadap tradisi tahlilan yang datang nya dari kaum Wahhabi . dalam sebuah dialog di besuk Kraksaan Probolinggo  , sekitar tahun 2008 , ada seorang bertanya : " siapa penyusun tahlilan dan sejak kapan tradisi tahlilan berkembang didunia Islam ?"

Pada waktu itu saya menjawab , "Bahwa sepertinya sampai saat ini belum pernah di bicaraka dan diketahui mengenai siapa penyusun bacaan tahlilan dengan komposisinya yang khas itu . mengingat , dari sekian banyak buku tahlilan yang terbit tidak pernah dicantumkan nama penyusunya " .

JURNALIS SHnews Andi Emma Khadijah Tribuana Tungga Dewi