Pro Kontra Dana Saksi Pemilu



Jakarta, Shnews (02/03/2014). Pro kontra dana saksi untuk pemilu masih belum ada keputusan final, sehingga parpol dan pemerintah terus menuai kontroversi tentang disediakannya dana saksi parpol.

Awalnya, isu dana saksi muncul dari salah satu partai saat Pembahasan Program Mitra Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) di DPR. 

Lalu para elit partai dan pejabat pemerintah menanggapi isu tersebut menjadi salah satu acuan penting yang membantu terlaksananya pemilu nanti.  

Diantara beberapa partai yang menolak dana saksi tersebut  diantara PDIP, Gerindra, Golkar dan  Nasdem.  Dan Partai yang mendukung dana saksi diantaranya PKB, PPP dan Demokrat.

Partai PDIP yang sangat menolak atas dana tersebut setelah melakukan rapat dengan DPP dengan mengidentifikasi masalah tersebut dan mempertimbangkannya, alasan dari partai yang dipimpin Megawati itu ternyata adanya ketidak mandirian dalam parpol bila saksinya didanai oleh pemerintah.

Sementara itu Partai Kebangkitan Bangsa sangat mendukung sekali adanya dana saksi tersebut lantaran peilaiannya terhadap sejumlah parpol yang memiliki dana sedikit, hal ini sangat mendukung sekali dalam memudahkan pesta demokrasi di Indonesia.