Samsung Tendang Android Pada SmartWatch Galaxy Gear 2

SmartWatch Galaxy Gear 2 dan Gear 2 Neo
SHnews, Jakarta (3/3/2014) ~ Samsung kini tak lagi menggunakan sistem Android pada SmartWatch Galaxy Gear 2 dan Gear 2 Neo. Sebagai gantinya Samsung menggunakan "Tizen". Produsen asal Korea Selatan ini memang sudah lama mengembangkan "Tizen" ini.

Sebenarnya Samsung Galaxy Gear merupakan SmartWatch yang cukup populer. Galaxy Gear memiliki desain yang cukup menarik dan fiturnya juga unik. Sayangnya daya tahan baterainya tidak cukup tahan lama,  yang hampir setiap hari harus di isi ulang.

Samsung kini pada Galaxy Gear 2 dan Gear Neo mencoba memperbaiki kekurangan yang ada di generasi sebelumnya. Dengan menggunakan "Tizen" ini Samsung dapat memperbaiki kekurangan yang ada sebelumnya. Kedua SmartWatch terbarunya kini punya daya tahan baterai dua hari lebih lama dari pendahulunya yang menggunakan Android.

Seperti yang dikutip dari Business Insider, Senin (3/3/14), Direktor of Product Planing Samsung Mr Drew Blackard mengatakan, "Saat ini Android belum optimal untuk wearable gadged. Sementara itu, Samsung sudah cukup lama mengembangkan Tizen".

Samsung mengklaim kompatibilitas pada Gear 2 dan Gear 2 Neo akan didukung oleh aplikasi dan belasan perangkat pintar yang akan mereka rilis.

Samsung memperkenalkan Galaxy Gear 2 dan Gear 2 Neo pada MWC 2014 lalu. Ke dua SmartWatch ini memiliki layar sentuh AMOLED 1,63 inch 320 x 320 pixel dan dibelakangnya sudah dilengkapi prosesor dual- core berkecepatan 1 GHz, RAM 512 MB dan memory penyimpanan 4 GB.

Bentuk body dari kedu SmartWatch ini terbilang mirip, dan satu-satunya perbedaan adalah Galaxy Gear 2 Neo tidak memiliki kamera. Sementara pada Gear 2 mengusung lensa 2 MP yang disematkan pada bagian body, berbeda dengan pendahulunya yang ada dibagian tali pengikat.

Kedua SmartWatch ini juga tahan debu dan tahan air hingga kedalaman tertentu, hal ini dapat dibuktikan dengan telah dikantonginya Sertifikasi Standard IP 67.
~ Jhon Kolay ~