“Si Asem” yang banyak manfaat.

Pohon Ceremai

Buah Ceremai

 Jakarta,SHNews(17/3). Rasanya memang asam, namun siapa nyana buah yang bentuknya bulat dan memiliki lekukan seperti segilima ini mempunyai manfaat yang banyak sekali. Buah cerme, cereme, atau ceremai ini memiliki bentuk yang mirip dengan buah labu kuning, yang membedakannya hanyalah besar dan kecil serta rasa yang dimiliki oleh kedua buah tersebut.
Buah cereme mudah kita temui dilingkungan sekitar, buah ini memang gampang tumbuh di halaman rumah. Tinggi pohon cereme bisa sampai 10 m, bahkan lebih. Warna dari buah cereme adalah bila masih muda berwarna hijau dan jika sudah tua berwarna hijau kekuning-kuningan.
Buah yang memiliki nama latin Phyllanthus Acidus ini biasanya lebih sering dibuat manisan basah dan manisan kering atau Alua.
Buah cereme mengandung zat tannin, saponin, flavonoida, polifenol dan alkaloid. Bagi masyarakat pedesaan buah ini memiliki khasiat sebagai obat alternatif seperti untuk penyakit asma, kanker, melangsingkan tubuh, mengatasi mual, penyakit kulit bahkan digunakan untuk tambahan campuran kecantikan dan bahan penyamak yang dihasilkan dari kulit akarnya.
Pohon ini kadangkala sengaja ditanam dihalaman rumah berfungsi tidak hanya sebagai peneduh namun juga sebagai pohon hiasan dalam taman.(mz)