Survey : Mayoritas Publik Tidak Tahu Tanggal Kapan Pemilu



Jakarta, Shnews (09/03/2014). Lembaga survei Cirus Surveyors Group bekerja sama dengan Harian Republika meliris hasil survey yang telah mereka lakukan dari tanggal 20 hingga 26 februari 2014 lalu.

Dalam rilis hasil surveynya, Cirus mengatakan penyelenggaraan Pemilu legislatif yang tinggal satu bulan lagi belum diketahui oleh masyarakat. Demikian rilis Cirus yang dilakukan di Jakarta, Sabtu (8/3).

"Banyak masyarakat masih belum mengetahui jadwal pemilihan anggota Dewan. Ketika ditanya apakah Anda mengetahui hari pemilihan legislatif, sebanyak 42,83 persen menjawab tidak tahu," ungkap Peneliti Cirus Kadek Dwita Apriani.

Memang hampir 90 persen responden tahu akan ada Pemilu tahun 2014 ini, terang Kadek, namun mayoritas tidak tahu tanggal pasti pelaksanaannya.

"Ketika kita bertanya kepada responden, apakah mereka tahu pemilu dilaksanakan tahun 2014 ini, mereka 90 persen tahu, tapi ketika ditanya tanggalnya tidak tahu," terang Kadek.

Untuk itu, kata Kadek, sosialisasi secara massif melalui media harus dilakukan, khususnya terkait tanggal pelaksanaan Pemilu legislatif.

Survei yang dilakukan Cirus menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan 2200 responden yang tersebar di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Tingkat kepercayaan survei ini adalah 95 persen dengan margin of error sebesar kurang lebih 2 persen.(Sh/Li)