WIRANTO : Pemimpin Bangsa yang tidak diragukan


Para pegawai PT. KSL sedang menyimak buku saku Jend. TNI (Purn) DR. H. Wiranto, SH. saat waktu istirahat di Proyek  de Vins SKY Villa, Seminyak Bali

Bali SHnews, 17/03/2014. Sekarang banyak sekali masyarakat yang merindukan akan ketenangan, keamanan, nyaman, kepastian hukum, berbudaya gotong royong, tidak banyak yang korupsi, cari kerja lebih mudah, harga sembako lebih murah, jika anak kita bermain di luar rumah kita tidak khawatir karena takut diculik dan dieksploitasi untuk menjadi peminta-minta dipinggir jalan, artinya keamanan terkendali, rakyat hidup tenang dan teduh karena semua informasi yang kita dapatkan menenangkan masyarakat, sedangkan masalah yang di timbulkan atas setiap kasus dan kerusuhan tetap diredam dan diselesaikan bersama seperti tahun-tahun sebelum orde reformasi.

Dan tidak sedikit masyarakat yang mengatakan bahwa lebih enak jaman orde baru ya.  Sampai-sampai ada slogan “Piye Kabare penak jamanku toh”. 

Foto sumber google
Lain halnya pada jaman orde reformasi ini kita selalu dihidangkan dengan masalah yang apa adanya sehingga kita menjadi timbul ketakutanan terhadap berita tersebut sedangkan masalahnya pun tidak segera diatasi cenderung dibiarkan dan masyarakat sendiri yang harus menyelesaikannya.

Jika kita lihat sekarang justru menjadi terbalik, bila jaman orde sebelum reformasi kita takut terhadap pejabat atau aparat sampai-sampai jika dikampung-kampung dengan hansip pun mereka sudah takut. Dan dibandingkan jaman reformasi justru kita menjadi takut akan masyarakat kita sendiri karena orang hidup semaunya karena makna HAM yang tidak terkendali terlebih lagi penegakan hukum yang tidak jelas bahkan seperti hukum rimba, siapa yang kuat dialah yang menang karena hukum masih dapat dibeli.

Oleh karena itu perlunya kita sadari bahwa dalam memilih pemimpin masyarakat harus cerdas, mencari informasi yang menyeluruh jangan sekedar populer, apakata orang, sekedar beda, dengan keberanian tokoh yang ngawur dan beberapa media juga ikut memberikan bumbu pedasnya sehingga secara tidak langsung masyarakat yang membaca menjadi gaduh. Ada juga yang memberikan informasi yang keliru untuk memaksakan seorang tokoh karena agar menjadi populer dengan gaya keluguannya, ceplas-ceplos, keberanian yang ngawur, sampai-sampai bicaranya tidak konsisten baru bicara A dan air liurnya belum kering sudah berbicara B, C dan seterusnya.

Dalam beberapa seminar Bapak Profesor DR. H. Bambang Marsono selaku Pakar dibidang Pendidikan menyampaikan bahwa: “Pemimpin itu harus berkemampuan mempersatukan seluruh potensi anak bangsa guna menjadikan Indonesia yang lebih baik”.

Dan untuk mencapai peranannya sebagai pemimpin yang berhati nurani ia harus berkwalitas unggul yang antara lain:
  1. Menjadi manusia yang berkarakter, sehingga memiliki Integritas yang tinggi dengan bekerja sungguh-sungguh, tidak mudah menyerah, tekun, ulet, tahan banting, percaya diri dan bermotivasi tinggi.
  2. Menjadi manusia yang berkopeten, mau belajar dan ahli dalam bidang yang ditekuninya, peka terhadap perubahan, bersikap tegas, Solutif (banyak akal), kreatif, penuh inisiatif dan memiliki sikap kenegaraan.
  3. Manusia yang siap berubah, terhadap suatu perubahan adalah abadi, bersikap adatif, konstruktif, berusaha melampaui target, Independen, positif terhadap perubahan.
  4. Manusia yang berbudaya, menjaga norma-norma terbaik, menjunjung tinggi komitmen, berprilaku terpuji dan berkepribadian unggul yakni tekad, perilaku dan sikap yang didukung oleh Bangsa dan Negaranya.
  5. Manusia yang kompetitif, berusaha bertumbuh dan berkembang, kreatif menciptakan peluang, optimistik, memandang pesaing menjadi peluang, tertantang untuk bersaing.
  6. Manusia yang bertanggung jawab, menyelesaikan pekerjaan secara tuntas sesuai apa yang diamanatkan oleh rakyat dan sumpah jabatannya sampai masa periode jabatannya berakhir dengan hasil yang terbaik. Bekerja diatas rata-rata, selalu bersyukur dan selalu bekerja penuh cinta kasih.
Jika kita melihat kriteria yang telah disampaikan tadi oleh Pakar dibidang pendidikan tersebut sejatinya sangat jarang sekali, akan tetapi jika kita pelajari lebih mendalam saat ini masih ada Pemimpin Bangsa Indonesia yang tidak perlu diragukan lagi yaitu Jend. TNI.(Purn). DR. H. Wiranto.SH. Dialah Pemimpin yang dapat mempersatukan seluruh potensi anak Bangsa guna menjadikan Indonesia yang lebih baik.


Shnews Jurnalis Penggagas Surya JP.
Foto dokumen pribadi Surya JP.