Terjadi Penggelembungan Suara di TPS 105 Kelurahan Palmerah

SHnews, Jakarta - Malam tadi (13/04/14) sekitar pukul 22.00 WIB suasana di Gedung Serba Guna Lt. 3 Kantor Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat sedikit memanas. Pasalnya, telah terjadi penggelembungan suara di TPS 105 Kelurahan Palmerah yang berujung pada adu mulut masing-masing saksi dari partai politik (parpol) dengan sebagian petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Palmerah.

Pihak PPS memastikan bahwa kejadian ini bukan kecurangan dari oknum parpol melainkan murni human error. "Ini saya pastikan hanya kesalahan petugas kami, dan yakin tidak terindikasi kecurangan dari salah satu parpol". Ungkap Saidi Hadi Waluyo (50), Ketua PPS Kelurahan Palmerah.

Kelanjutan dari peristiwa ini, pihak saksi dari beberapa parpol menghendaki agar kotak suara yang berada di TPS 105 itu dihitung ulang agar kepastian jumlah dan penyebab kesalahan dapat ditemukan. Dan disepakati penghitungan ulang itu dilakukan siang tadi (14/04/14) pukul 13.00 WIB di tempat yang sama.

Disaksikan oleh beberapa saksi serta beberapa personil TNI - Polri, penghitungan ulang pun siang tadi berjalan lancar dan ditemukan indikasi kesalahan hitung pada kertas suara yang dicoblos tanda gambar parpol dan satu caleg dari parpol yang sama dihitung menjadi dua suara, yang seharusnya hanya satu suara untuk caleg.

"Kami merasa lega kasus ini dapat ditemukan segera penyebabnya, Dengan demikian semua sudah tuntas, tinggal kami serahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk dilakukan rekapitulasi". Demikian ungkap Saidi.

Saat dikonfirmasi pihak SHnews berkaitan dengan penyebab human error ini, Saidi menjelaskan bahwa semua ini terjadi karena Sumber Daya Manusia (SDM) yang ditetapkan sebagai anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) kurang profesional. "Seharusnya anggota KPPS ini direkrut dari generasi muda yang pikirannya masih encer dan tidak banyak lupa. Kalau ditunjuk yang senior-senior karena alasan kedekatan, ya begini akibatnya. Padahal pembinaan teknis penghitungan suara kepada seluruh anggota KPPS sudah dilakukan secara mendetail". Ungkap Saidi menunjukan kekecewaannya.

"Dan dipastikan rekapitulasi perolehan suara di tingkat PPK Palmerah akan dilakukan besok, Selasa (15/04/14) sekitar pukul 14.00 WIB". Ungkap salah seorang petugas PPK Palmerah.

Jurnalis SHnews - Yulizar M. Iqbal/Daeng Herman