GPN : Pemerintah Harus Ciptakan Petani Berdaulat

Jakarta, beritash.com - Angin segar bagi pembangunan pertanian di tanah air berhembus ketika pemerintah presiden Jokowi dan Jusuf Kalla dengan tegas menyatakan bahwa kita perlu  berdaulat secara politik, mandiri dalam bidang ekonomi  dan kepribadian dalam busaya (NAWACITA).

Salah satu bagian dari Nawacita  adalah negeri ini perlu berdaulat pangan.

Hermanu Triwidodo, Inisiator Gerakan Petani Nuaantara (GPN) yang juga pengajar di Departemen proteksi tanaman IPB, mengatakan niat pemerintah untuk mewujudkan
terkait dengan hal ini harus segera diciptakan, misron petani dari indramayu mengatakan bahwa  kedaulatan petani harus dimulai dari petani. Program pemerintah semestinya di sesuaikan dengan situasi petani.

Kebutuhan  dan potensinya berbeda tiap wilayah. Menurut Hermanu, kegiatan dimaksudkan sebagai upaya kolektif petani mengingatkan pemerintah bahwa petani bukan alat produksi.

Petani adalah komponen pentig dalam pencapaian kedaulatan pangan sekaligus sokoguru bangsa yang menjaga kekokohan nusantara.

Selain itu, kegiatan ini juga dijadikan sebagai medium konsoltasi petani di seluruh Nusantara untuk terus bekerja dan berinovasi untuk menyediakan pangan bagi masyarakat.