Rakernas APEI, Wajibkan Aggotanya Punya Sertifikat Kompetensi Kerja


beritash.com - Ketua Umum Asosiasi Profesionalis Elektrikal-Mekanikal Indonesia (APEI) Puji Muhardi, menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2016 bertempat di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, Riau (21/03/16).

Rakernas ini dihadiri oleh sekitar 300 anggota dari perwakilan di 32 Provinsi se-Indonesia, juga dihadiri LPJKN, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM RI dan Gubernur Provinsi Riau.

"Secara substansi Rakernas ini dilaksanakan selain untuk memenuhi ketentuan sebagaimana diatur dalam AD/ART juga bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada anggota atas pelaksanaan kegiatan pengurus pusat APEI". tutur Puji

Dalam rapat tersebut, ada beberapa poin yang menjadi isu dalam perkembangan regulasi di bidang ketenagalistrikan secara global yang mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia. 

Poin tersebut, lanjut Puji, dalam menghadapi Ekonomi ASEAN ia akan menyiapkan anggotanya yang kompetitif dan akan melakukan penyesuaian wajib mempunyai sertifikat tenaga kerja listrik bagi aggotanya, guna untuk menjaring tenaga kerja yang kompetensi.

"Penyesuain ini terkait dengan UU No. 30 tentang ketenagalistrikan beserta aturan pelaksanaannya yang menyebutkan bahwa setiap tenaga kerja listrik wajib mempunyai sertifikat, nah kita sebagai pemegang SKA/SKT tentu akan melakukan penyesuaian ini". tambahnya

Lebih lanjut, Puji menyampaikan, pembangunan pembangkit 35.000 MW yang dicanangkan pemerintah merupakan antisipasi guna memenuhi kebutuhan energi listrik dalam 5 tahun ke depan. Hal demikian merupakan peluang sekaligus tantangan tersendiri di era keterbukaan ini. 

"Kami berharap peluang yang begitu besar bisa diberdayakan potensi yang dimiliki anak bangsa khususnya tenaga profesional ketenagalistrikan". pungkasnya (fr).