Warga Semper Barat Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan

Jakarta, beritash.com - Sebanyak seribu lebih warga di 12 RT di RW 004 Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, mendeklarasikan stop buang air besar sembarangan. Deklarasi tersebut diharapkan bisa memicu wilayah lain untuk menerapkan pembangunan sanitasi yang layak untuk menurunkan masalah sanitasi di DKI Jakarta.

Warga mendeklarasikan stop buang air besar sembarangan setelah lolos uji verifikasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) atau Open Defecation Free (ODF), Rabu (16/3/2016). Deklarasi tersebut merupakan yang pertama di Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, permukiman kumuh dan sanitasi masih menjadi permasalahan di DKI Jakarta. Gotong-royong dan partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk membangun sanitasi yang bersih, khususnya untuk pembangunan septic tank komunal sebagai solusi karena keterbatasan lahan di permukiman.

"Saya minta kepada wali kota untuk menerapkan ini di RW 04 Semper Barat ini, buat septic tank komunal menggunakan lahan kosong, tapi di atasnya bisa digunakan sebagai ruang terbuka hijau," ucapnya.

Menurutnya, septik tank komunal dapat mejangkau 50 hingga 100 rumah warga di satu area. Namun dalam pengerjaannya membutuhkan kerja sama seluruh masyarakat untuk membongkar beberapa bagian jalan untuk jalur septic tank.

Lanjutnya, Djarot berharap deklarasi ini harus menjadi momentum bagi masyarakat untuk mengubah perilaku warga setempat, umumnya warga seluruh DKI Jakarta.

"Saya berharap RW-RW dan kelurahan lain juga meningkatkan dan memverifikasi kualitas perilaku sanitasi mereka," pungkasnya (fr)