KRONOLOGI PENYEBAB DELAY LION AIR 10 MEI 2016

Sehubungan dengan kejadian pada selasa, 10 Mei 2016 lalu mengenai adanya keterlambatan di beberapa jadwal penerbangan Lion Air yang di sebabkan oleh tindakan beberapa pilot yang tidak menjalankan tugasnya pada pagi tersebut, dengan ini kami sampaikan beberapa hal yang sekiranya perlu untuk di ketahui.
Saat ini Lion Air mengoperasikan sebanyak 112 armada pesawat untuk melayani kebutuhan jasa transfortasi udara dalam mengankut  penumpang baik untuk rute domestik maupun internasional. Setiap harinya Lion Air menerbangkan 700 frekwensi penerbangan dan mengangkut sebanyak kurang lebih 120.000 penumpang.
Dalam operasionalnya, Lion Air memperkerjakan 25.000 personil dimana terdapat 845 penerbangan dan sisanya pramugari, teknisi, staf darat dan staff operasional lainnya.
Selasa pagi tanggal 10 mei 2016 terjadi tindakan yang tidak pada tempatnya di lakukan 18 pilot Lion Air dari total keseluruhan pilot kami mencapai 845 penerbang yang tidak mau menerbankan pesawat sampai dengan jam 10.00.
Informasi yang kami dapat bahwa penyebab ke-18 Pilot kami melakukan aksi tersebut di karenakan belum menerima uang transport adalah sangat tidak benar. Perlu kami sampaikan uang transfort yang di maksud adalah biaya dari rumah menuju bandara dan kembali kerumah dan pembayaran di lakukan di muka (deposit/ syistem top up) para pilot masih memiliki saldo yang belum digunakan di rekening masing2 pilot terima setiap awal bulannya,pengisian (top up) disebabkan karna adanya libur panjang hari kenaikan isa almasih dan isra mi'raj pada tanggal 5 dan 6 Mei 2016.