Menkunham : Kita Lawan Narkoba Demi Pemasyarakatan PASTI SMART

Jakarta 27 April 2016 - Pemberantasan narkoba adalah harga mati sebagai kebulatan tekad seluruh jajaran Pemasyarakatan dalam mewujudkan Pemasyarakatan PASTI SMART (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, Inovatif) dua kata sederhana tanpa makna, namun bukti keseriusan untuk menunjukkan kepada publik bahwa Pemasyarakatan serius untuk berbenah diri.
Kinerja pemasyarakatan terus sorot menyusul munculnya berbagai kasus yang menerpa institusi Pemasyarakatan. Kejadian di lapas Banceuy, kerobokan malabero, dan penemuan narkoba di sejumlah lapas/ rutan menjadi tamparan keras bagi Pemasyarakatan sebagai instansi pembina warga binaan.
Memasuki usai ke-52 pada 27 april 2016, pemasyarakatan semakin di tuntut mengimplementasikan nilai PASTI dan SMART.
Menteri Hukum Dan HAM, Bapak Yasona H, Laoly menegaskan " Permasalahan Pemasyarakatan bermuara pada nilai-nilai intergritas, Etos kerja, tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas, Penguatan kualitas sumber daya manusia Pemasyarakatan harus di tingkatkan karena petugas Pemasyarakatan harus bisa membangun kapasitas pribadi para pelanggar hukum agar menyadari kesalahan serta menjadi pribadi yang lebih baik agar mampu berperan dalam pembangunan".