Nyaman Berkat Satgas Yonarmed 12 Kostrad, Warga Desa Kaitetu Kec. Leihitu Kab. Maluku Tengah Prov. Maluku Sukarela Serahkan Senjata

Beritash- (Penkostrad. Rabu, 31 Agustus 2016). Satgas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Batalyon Yonarmed 12/Kostrad Pos Komando Kompi (Koki) II Waitomu Lettu Arm Jamaludin sebagai Komandan Kompi (Danki) dan Praka Bambang Dwi S Jabatan Tamtama Penembak senapan (Tabakpan) telah menerima penyerahan senjata 1 pucuk pistol standar merk Smith & Wesson Mod 915 No. Seri VED 2630 (dua angka terakhir kurang jelas), dengan 2 buah magazen, 50 butir munisi kaliber  9 mm, dan 1 set alat pembersih.

Kepala Penerangan Kostrad Letnan Kolonel Inf Agus Bhakti, S.I.P. di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (31/8) mengatakan Senjata  tersebut siserahkan dari seorang warga masyarakat (tidak mau disebutkan identitasnya) dari Dsn. Kalauli Ds. Kaitetu Kec. Leihitu Kab. Maluku Tengah Prov. Maluku.

Lebih lanjut Kapen Kostrad menjelaskan kronologi penyerahan senjata tersebut, Pada pertengahan Juli 2016 saat bulan Ramadhan, Komandan Kompi  II Waitomu Lettu Arm Jamaludin dan Praka Bambang melaksanakan sholat Tarawih di Masjid Al Hidayah Dsn. Kalauli Negeri Kaitetu Kec. Leihitu. Selesai melaksanakan sholat Tarawih, mereka berbincang-bincang dengan beberapa Tokoh Agama daerah tersebut, termasuk Bapak X. Salah satu yang diperbincangkan adalah agar kemampuan Satgas bermain Hadrah (Shalawat) bisa dimanfaatkan untuk mengisi acara apabila ada suatu kegiatan keagamaan. Sesaat sebelum kembali, Bapak X mengundang Lettu Arm Jamaludin dan Praka Bambang untuk singgah ke rumahnya.

Pada hari Rabu tanggal 13 Juli 2016 pukul 20.00 WIT, Lettu Arm Jamaludin dan Praka Bambang menghadiri acara halal bihalal di Dsn. Kalauli. Dalam acara tersebut Lettu Arm Jamaludin memberikan kata sambutan menghimbau kepada warga untuk mengurangi kebiasaan mengkonsumsi Miras dan larangan kepemilikan senjata secara ilegal oleh masyarakat sipil. Bagi masyarakat yang masih menyimpan senjata, dihimbau agar tidak takut untuk menyerahkan kepada aparat keamanan.

Pada hari Selasa tanggal 16 Agustus 2016 pukul 20.00 WIT, anggota Pos Koki SSK II Waitomu diundang oleh Bapak X untuk mengisi acara Dzikir dan Sholawat dalam rangka syukuran hari Kemerdekaan RI Ke-71 di masjid Al Hidayah Dsn. Kalauli Ds. Kaitetu. Lettu Arm Jamaludin memberikan sambutan dalam acara tersebut yang menyatakan bahwa momen hari kemerdekaan ini agar dijadikan sebagai momen untuk memperkuat tali persaudaraan dengan sesama anak bangsa khususnya yang ada di Kec. Leihitu.

Pada hari Rabu tanggal 17 Agustus 2016 pukul 15.00 WIT, Lettu Arm Jamaludin dan Praka Bambang bertemu dengan Bapak X pada acara pembukaan lomba Gerak Jalan dan lomba-lomba HUT Kemerdekaan RI lainnya se-Negeri Hila dan Negeri Kaitetu yang diadakan oleh Pos Koki SSK II Waitomu, Pemerintah Negeri ( Daerah ) Hila dan Pemerintah Negeri ( Daerah ) Kaitetu. Bapak X menyampaikan kepada Lettu Arm Jamaludin bahwa masyarakat sangat antusias dan senang dengan diadakannya lomba-lomba tersebut. Keberadaan Pos Koki SSK II Waitomu sangat dirasakan manfaatnya oleh warga karena memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan sekitar seperti memberikan sarana olahraga dan buku-buku pengetahuan.

Pada hari Minggu tanggal 28 Agustus 2016 pukul 10.15 WIT, Lettu Arm Jamaludin dan Praka Bambang melaksanakan anjangsana ke rumah Bapak X. Mereka berbincang-bincang tentang situasi keamanan dan Bapak X menyampaikan bahwa kondisi keamanan Ds. Kaitetu semakin tertib dan kondusif. Lettu Arm Jamaludin juga kembali menyampaikan kepada Bapak X agar masyarakat yang memiliki senjata api ilegal, menyerahkan kepada aparat. Setelah mendengarkan penjelasan tersebut, Bapak X menyampaikan bahwa sebenarnya yang bersangkutan masih menyimpan senjata api di suatu tempat. Senjata itu pernah digunakannya pada saat kerusuhan tahun 1999.(andi emy)