PMA Minta Polri Tidak Intervensi Kasus Yang Ditangani Polres Jakarta Selatan

Foto: istimewa
BeritaSH.com, Jakarta. Fery mon Bakri SH kuasa hukum PMA, memohon kepada Kapolri agar LP tersebut tidak di ambil alih oleh polda metro Jakarta agar tidak di intervensi oleh kalangan Polri, karena sedang di tangani oleh Polres Jakarta Selatan. Hal tersebut diungkapkan Fery kepada SHNews.com di Polres Jakarta Selatan pada Jumat (09/09/2016).

Suryo Tan, warga negara Singapura yang bernama aslinya Darren Chen Jia Fu kembali membuat ulah dan masalah hukum di Indonesia. Berawal dari kasus dengan PT Starcom Solusindo dan kasus lainnya, kini sang makelar hukum (Markus) itu dilaporkan ke Polisi oleh perusahaan penanaman modal asing (PMA) PT Pradiksi Gunatama melalui kuasa hukumnya Ferimon Bakri, SH terkait kasus penggelapan dan penipuan.

Menurut Feri kronologisnya berawal dari masalah saham. Dimana, perusahaan asing ini sudah memberikan sejumlah uang kepada Suryo Tan untuk pembelian saham, namun uang itu dialihkan ke istrinya Suryo yang berinisial CS untuk pembelian saham.

“Seharusnya, saham itu diserahkan oleh Suryo ke PT Pradiksi Gunatama, tapi ini tidak,melainkan diserahkan ke CS yang notabene adalah istrinya. Inikan penggelapan dan penipuan pasal 372 dan 378 KUHP,” kata Feri saat ditemui wartawan,Kamis (8/9) kemarin.

PT Pradiksi Gunatama konon telah dirugikan Suryo Tan secara materi sebesar Rp64,5 miliar melalui permainan sahamnya. Atas kasus ini, Feri meminta agar Kapolri dan jajarannya tidak mengintervensi kasus yang menimpa kliennya.

“Kami juga meminta kasus ini tidak intervensi hukum buat Suryo Tan. Seharusnya korban itu dilindungi bukan tersangka Suryo Tan yang dilindungi. Kami sudah melaporkan Suryo Tan pada 3 Agustus 2016 dan sudah ada pencengkalan bagi dirinya (ST-red),” katanya.

Namun Feri mengatakan laporan polisi yang bernomor LP/1150/K/VIII/2016/PMJ/Res Jaksel, tanggal 3 Agustus 2016 tentang tindak pidana penipuan dan penggelapan yang dilakukan tersangka Suryo Tan akan ditarik oleh Polda Metro Jaya. “Ini ada apa, kalau bukan ada main Suryo Tan dengan pihak di Polda Metro Jaya,” ucapnya.

Kuasa hukum PMA, Ferimon sangat keberatan penarikan Laporan ini. Dan hari ini direncanakan akan layangkan surat ke Polres Jaksel dengan tembusan Kapolri, Kapolda dan Bareskrim.

“Hari ini kami akan layangkan surat keberatan atas penarikan LP ke Polda Metro Jaya.Kami meminta Polri tidak ada intervensi hukum atas kasus Suryo Tan yang telah merugikan klien kami,” tandasnya. (Ibnu)