Divif 2 Kostrad Terlibat Latihan Simulasi SRCPB Wilayah Timur

Beritash- (Penkostrad, Senin 24 Oktober 2016). Latihan Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRCPB) Wilayah Timur, yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) gelar simulasi kegiatan penanggulangan bencana, di areal Hotel Purnama, Kota Batu.

Kegiatan yang mengambil tema simulasi Bencana Tsunami dan Gempa Bumi ini, dengan tujuan agar masing-masing bidang memahami dan penanggulangan serta penanganan bencana alam.

Kepala SRCPB Wilayah Timur Kolonel Inf Yana Susana yang sehari-hari menjabat Asisten Teritorial Kasdivif 2 Kostrad menjelaskan, bahwa kegiatan simulasi ini merupakan rangkaian dari tahapan dalam pelatihan gabungan SRCPB Wilayah Timur yang diselenggarakan oleh BNPB Pusat.

"Dalam pelatihan ini masing-masing bidang melaksanakan tugas pokok dan fungsi sesuai dengan kelompok bidang yang ada dalam struktur organisasi SRCPB Wilayah Timur", pingkasnya.

Kegiatan simulasi ini melibatkan 140 peserta yang terbagi dalam masing-masing bidang, antara lain : bidang Info Media, bidang Kaji Cepat dan Perencanaan, Bidang Sumber Daya dan bidang Operasi.

Dengan pembekalan materi simulasi ini, semua bidang diharapkan mampu memahami langkah-langkah dalam penanganan korban bencana karena sebagai ujung tombak dalam penanggulangan bencana yang suatu saat bisa terjadi di Wilayah Timur Indonesia.

Untuk sesi Field Training Exercise (FTX) atau geladi lapangan dilaksanakan di Hutan Cuban Talun Batu diikuti oleh seluruh jajaran. Kegiatan ini merupakan aplikasi lanjutan dari pelaksanaan CPX (Command Post Exercise).

Autentikasi :
Kapen Kostrad, Letnan Kolonel Inf Agus Bhakti, S.I.P.
HP. 082121090096