Pangarmabar Nobar Di Cinema xxI Bersama Prajuritnya

Berktash.comJakarta, 4 Oktober 2016,– Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., mengajak para prajurit dan pegawai negeri sipil (PNS) Mako Koarmabar menonton bersama (Nobar) film USS Indianapolis di salah satu Cinema XXI yang berada di Jakarta Pusat, Selasa (4/10).

 Dalam acara Nobar tersebut, Pangarmabar juga mengajak serta Danguspurlaarmabar Laksamana Pertama TNI T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S., Dankolatarmabar Laksamana Pertama TNI Gregorius Agung W.D., M.Tr (Han)., para Asisten Pangarmabar, Kepala Dinas/Kepala Satuan Kerja Koarmabar dan Ketua serta Pengurus Daerah Jalasenastri Armada Barat.

USS Indianapolis: Men of Courage merupakan film bergenre action-war. Film ini merupakan arahan sutradara Mario Van Peebles bersama penulis skenarionya bernama Cam Cannon, Richard Rionda Del Castro. Film USS Indianapolis dibintangi oleh Brian Presley, Cody Walker, Matt Lanter, Nicolas Cage, Thomas Sizemore dan Weronika Rosati.

 Film USS Indianapolis mengisahkan, pada Juli 1945 kapal USS Indianapolis mempunyai misi khusus mengantarkan bom atom secara diam-diam ke wilayah Samudera Pasifik, namun ternyata angkatan laut Jepang saat itu mengetahuinya dan berhasil menenggelamkan kapal tersebut dengan torpedo. Namun berita tentang tenggelammnya kapal USS Indianapolis tidak dipublikasikan karena misi yang diembannya sangat rahasia.

 Jumlah kru yang ada dalam kapal itu sekitar 1196 kru, dan sekitar 300 orang tenggelam bersama kapal USS Indianapolis. Sementara korban selamat terjebak di wilayah laut penuh ikan hiu di kawasan Laut Filipina. Pada akhinya dari sekitaran 800 orang yang selamat, hanya 317 orang yang berhasil ke daratan dan diselamatkan oleh tentara Amerika. Akibat peristiwa itu, McVay sebagai kapten kapal harus menjalani hukuman penjara selama puluhan tahun karena dianggap bersalah.Di film itu juga dikisahkan tentang bagaimana kegiatan yang dilakukan para kru kapal bersama dengan kapten kapal dalam mengarungi lautan. Dikisahkan pula apa yang mereka lakukan sepanjang hari, malam dan selanjutnya, dan semua kegiatan harian mereka dilakukan di tengah-tengah samudera.

Acara Nobar tersebut dimaksudkan untuk memberikan tambahan pengetahuan sekaligus hiburan kepada para personel Mako Koarmabar di tengah rutinitasnya sehari-hari. Selain itu juga, diharapkan dengan kegiatan ini personel Koarmabar dapat mengambil sisi serta pesan positif  dari film tersebut salah satunya tentang perjuangan yang didasari dengan semangat dan kebersamaan akan membantu mengatasi semua masalah yang dihadapi.(ae)