Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Para Raider 330 Kostrad Gelar Pengobatan Massal

Beritash- (Penkostrad, Jum’at  28 Oktober 2016). Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab kehadiran Satgas Pamtas Yonif Para Raider 330 Kostrad di daerah tugas operasi, kegiatan bakti sosial pengobatan massal menjadi agenda rutin yang selalu diselenggarakan oleh satgas.

Setiap bulannya Satgas menyelenggarakan kegiatan bakti sosial pengobatan massal yang dilaksanakan secara mandiri maupun bekerja sama dengan pihak Dinkes Merauke, Dinkes Boven Digoel yang diwakili Puskesmas Jair maupun dengan CSR Perusahaan PT. Korindo.

Selain jadwal rutin yang sudah direncanakan tiap bulan, kegiatan ini juga dilaksanakan apabila ada permintaan khusus dari masyarakat yang mengharapkan kehadiran Satgas di daerah mereka, dan kadangkala juga permintaan bantuan kesehatan bersama-sama dari Puskesmas atau kegiatan CSR perusahaan.

Dalam perjalanan penugasan yang sudah menjelang 6 bulan, kegiatan pengobatan massal ini sudah dilaksanakan disejumlah kampung seperti Kampung Butiptiri, Kampung Anggai, Kampung Miri, Kampung Aiwat, Kampung Naga, dan Kampung Mutimangge. Rata-rata kampung-kampung ini letaknya jauh dari fasilitas kesehatan sehingga kegiatan ini sangat membantu masyarakat yang ada di pelosok pedalaman, masyarakat yang kami kunjungi merasa senang dengan kehadiran Satgas karena selain mengadakan pengobatan massal Satgas juga membawa berbagai bentuk barang untuk mensejahterakan masyarakat seperti buku dan alat tulis, makanan tambahan, susu serta pakaian layak pakai.

Masyarakat dibeberapa kampung menyampaikan bahwa belum pernah ada Satgas yang melaksanakan kegiatan seperti ini di kampung mereka, seperti yang di sampaikan Bpk. Gabriel kepala kp. Anggai. Hal ini dikarenakan faktor medan yang sulit ditempuh seperti harus menyebrang melintasi sungai serta jarak yang ditempuh cukup jauh. Hal ini yang menjadi komitmen Satgas untuk terus melanjutkan kegiatan ini sampai akhir masa penugasan.