Penyuluhan Hukum Satgas Yonif Mekanis 413 Kostrad kepada Masyarakat Kampung Upkim

Beritash-(Penkostrad, Jum’at 11 November 2016). Dalam rangka menyambut Hari Pahlawan tahun 2016 Yonif Mekanis 413/ Bremoro Kostrad mengadakan beberapa kegiatan berupa Serbuan Teritorial kepada masyarakat.
Kegiatan tersebut salah satunya adalah mengadakan Penyuluhan Hukum, kegiatan ini dilaksanakan di Kampung Upkim Distrik Waropko, dimana di kampung tersebut juga terdapat Pos Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 413/ Bremoro Kostrad.

Penyuluhan Hukum ini disampaikan oleh Perwira Hukum (Pakum) Satgas Lettu Chk Agung Priyadi, S.H. dengan materi "Bahaya Narkoba dan Miras serta Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Tingkat kerawan ini yang paling sering terjadi di masyarakat khususnya di Kampung Upkim, maka ketiga hal tersebutlah menjadi topik dalam Penyuluhan Hukum yang dilaksanakan.

Masyarakat sangat antusias mengikuti Penyuluhan Hukum yang disampaikan oleh Pakum Satgas. Materi yang disampaikan oleh Pakum memang sangat mengena terhadap kehidupan masyarakat khususnya mengenai Miras dan KDRT. Banyak hal yang ditanyakan oleh warga mengenai hal tersebut, ketidaktahuan tentang hukum membuat masyarakat banyak yang bertanya. Hal tersebut disambut baik oleh Pakum Satgas, karena semakin banyak bertanya berarti masyarakat yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu, ujar Lettu Chk Agung Priyadi,S.H.

Penyuluhan Hukum ini dihadiri oleh sekitar 150 warga Kampung Upkim dan dihadiri juga oleh para tokoh agama, tokoh masyarakat dan Kepala Kampung setempat. Kepala Kampung Bapak Tadius Kotonem menyampaikan  " Saya bersama masyarakat Kampung Upkim mengucapkan banyak terimakasih kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 413/ Bremoro Kostrad yang telah menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan Hukum seperti ini, karena ini baru pertama kali dilaksanakan di Kampung Upkim, saya berharap kegiatan seperti ini dapat diserahterimakan kepada Satgas berikutnya, karena dengan kegiatan ini pula masyarakat jadi tahu tentang hukum yang berlaku di negara ini."