Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 413 Kostrad Ajarkan Tanam Padi Ladang Kepada Masyarakat Perbatasan

Beritash- (Penkostrad. Senin, 14 November  2016). Pembuatan lahan percontohan yang dilaksanakan oleh Pos Imko Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 413/Bremoro Kostrad kini sudah menuai hasilnya.

Pada awalnya pembuatan lahan percontohan ini sempat diragukan, karena melihat kondisi lahan yang kurang subur maka diprediksi lahan percontohan ini akan gagal. Namun sebaliknya, saat ini lahan tersebut dapat ditumbuhi oleh padi ladang yang berjenis padi gogo.

Penanaman padi ini baru pertama kalinya ditanam di daerah Imko, melihat potensi SDA yang ada, anggota dari Pos Imko memanfaatkan lahan tersebut sebagai lahan percontohan bagi masyarakat Imko.

Memang belum begitu luas lahan yang ditanami padi berjenis gogo ini, hanya sekitar setengah hektar lahan yang ditanami, karena  memang lahan ini pada awalnya ditujukan dan difokuskan sebagai lahan percontohan bagi masyarakat.

Masyarakat sangat menyambut baik dari hasil lahan pertanian tersebut, masyarakat berencana hasil dari panen yang pertama ini akan di jadikan bibit kembali untuk ditanam di lahan yang lainnya, masyarakat berencana akan melanjutkan budidaya penanaman padi lahan ini, karena melihat potensi lahan yang masih banyak dan luas yang dapat di tanami padi lahan seperti ini.

Belum adanya mesin penggiling padi menjadi salah satu kendala apabila nanti produksi padi ini sudah mulai banyak yang dihasilkan. "Saya akan membantu masyarakat untuk menyampaikan hal tersebut kepada dinas yang terkait di jajaran Kab. Boven Digoel. " Ungkap Dansatgas Mayor Inf Arif Munawar di Pos Imko.

Lahan percontohan ini diharapkan menjadi sebuah awal bagi masyarakat Imko dalam meningkatkan program ketahanan pangan sesuai apa yang telah di programkan oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah.
Autentikasi :
Kapen Kostrad, Letnan Kolonel Inf Agus Bhakti, S.I.P.
HP. 082121090096