Mendarat di Bima, Kostrad Langsung Aksi

Beritash.com (Penkostrad, Selasa 27 Desember 2016). Sebanyak  300 personel yang tergabung dalam Satuan Tugas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) TNI tiba di Pelabuhan Bima NTB pukul 06.30 WITA. Sebelumnya kapal KRI Teluk Bintuni 520 yang mengangkut personel kesehatan itu diberangkatkan dari Dermaga Ujung Surabaya pada hari Minggu(25/12) lalu.

Satgas PRCPB TNI kali ini menerjunkan personel gabungan yang terdiri dari 100 orang personel Yonkes 2 Kostrad, 100 orang personel Marinir dan 100 orang personel Paskhas AU, bertugas membawa misi kemanusiaan dalam rangka melaksanakan tugas tanggap darurat dan rehabilitasi pasca banjir bandang yang terjadi di wilayah Bima pekan lalu.

Setiba di Pelabuhan Bima NTB, Satgas PRCPB yang di pimpin Laksma TNI dr. Nalendra melaksanakan konsolidasi dan pengecekan personel maupun materiil yang selanjutnya pergeseran pasukan menuju GOR Paruga Kota.
 
Prajurit Yonkes 2 Kostrad segera mendirikan Rumah Sakit Lapangan dan memberikan bantuan kesehatan bagi masyarat setempat. Satuan Tugas Kesehatan Gabungan ini sangat diperlukan keberadaannya, karena saat ini kondisi masyarakat yang terkena dampak bencana dikabarkan mulai banyak yang mengalami sakit dan trauma, terutama terjadi pada anak-anak, wanita dan orang tua.

"Satgas  ini rencananya akan melaksanakan tugasnya di beberapa wilayah yang terkena dampak bencana banjir bandang sampai dengan kondisi darurat dinyatakan selesai", ujar Dansatgas.