Salah Satu Brand Andalan Pertumbuhan Penjualan Terbesar "Mutouch,Redefining Beauty"

Beritash.com,Jakarta,16 Desember 2016 - Di Hotel Atlet Century Senayan-FT. EraVentura lndonesla bagian dari ERA VENTURE GROUP yang berdiri sejak tahun 2006, berawal sebagal pemsahaan trading dan distribusi consumer product pada pasar regional Asia & Australia.
Berpengalarnan dl bidang Personal Care pada pasar regional selama lebih dari 20 tahun, ERA VENTURE GROUP memutuskan untuk mengembangkan merek clan produk sendiri melalul pendalaman akan kebutuhan konsumen dan keriasama dengan R&D team ahli dari Perancis yang perdananya melahirkan produk dengan,
perpaduan teknologi serta bahan alami dari Barat dan Timur dengan Merk Miitouch. 
Saat lni Era Venture Group sudah mengembangkan sayap produksi dan distribusinya pada berbagai Negara sepertl Singapore, Malaysia, Taiwan, Hong Kong, China, Australia, Myanmar, Vietnam, Thailand dan Philippines. Serkantor Pusat di Singapore yang menaungi Regional Marketing dan Distribusi serta Pusat R&D yang bekerjasama dengan Team R&D cli Perancis, saat ini didukung dengan pusat produksi yang terletak di 2 negara yaitu Malaysia dan Vietnam.
Salah satu Brand andalan yang menjadi punggawa sekaligus Brand dengan pertumbuhan penjualan terbesar seat in! adalah Mutouch, memfokuskan diri pada market Fast Moving Consumer goods dengan porsi pasar yang cukup besar saat ini dimana total pangsa pasar untuk kategori Sabun Mandi di Indonesia saat ini sebesar 4.3 trilliun Rupiah dengan kontribusi Sabun Cair sebesar 24% atau sekitar 1.03 trilliun (retail value) setiap tahunnya. Mutouch sendiri saat ini sudah mencapai Retail Value sebesar 40 Milyar Rupiah per-tahun, artinya sekitar 4% darl Market Share dalam kategori Sabun Cair. Dengan rata-rata pertumbuhan kategori Sabun Cair per-tahun sebesar 13%, Mutouch menyasar tingkat pertumbuhan diatas dari pertumbuhan pangsa pasar tiap tahunnya, ujar Roy Tungari,selaku Operation General Manager dari PT. Era Ventura lndonesia. Berbagai strategi baik dari segi marketing maupun distribusi kami lakukan guna menjawab tantangan ini, antara lain dengan memperluas cakupan distribusi serta melalul inovasi produk pada kategori Sabun Cair.
Sebagal salah satu Brand dengan Pertumbuhan penjualan yang cukup signifikan ditengah lsu petemahan ekonomi dan daya beli masyarakat disepanjang tahun 2015, Brand Mutouch yang memposisikan diri sabagai Brand Premium dengan harga yang terjangkau Ini,justru mengalami peningkatan pertumbuhan penjualan sebesar 120% pada tahun 2015 dan hingga Quartal ke 4 tahun 2016 berjalan ini Mutouch telah membukukan pertumbuhan penjualan sebesar lebih dari 40% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Nampaknya momen yang diambil untuk Mutouch dalam memperluas penetrasi distribusi berikut meningkatkan strategy distribusi, branding dan marketing yang cukup efektif yang mulai ditingkatkan sejak tahun 2014 hingga sepanjang tahun 2016 ini sudah sangat tepat dengan mengambil momen pertumbuhan kategori dari Sabun cair sebesar 8.4% pada 2014-2015 yang cukup signifikan jika dlbandingkan dengan
pertumbuhan kategori pertumbuhan pada Sabun batang yang hanya mengalami kenaikan sebesar 0.3% saja. Berbagai strategy distribusi dan penetrasi pasar yang dilakukan sejak mulai memposisikan Brand Mutouch lebih kuat Iagi di pasar Indonesia pada tahun 2014 berhasil menempatkan Mutouch pada posisi yang terus meningkat khususnya dibeberapa kategori Retail yang menggawangi Market Health and Beauty seperti Guardian dan Watsons, hal Ini terbukti dengan keberhasilan Brand Mutouch yang menduduki posisi ke 5 di tahun 2014 dan naik ke 3 pada tahun 2015 pada ke dua Retail besar tersebut untuk kategori Sabun Cair.
Mutouch sebagai Merk produk perawatan tubuh, pertama kali diperkenalkan pada publik pada tahun 2008, diawali dengan produk “Shower Cream” dengan memposisikan diri pada segemen pasar kelas menengah ke atas. Mengusung kemasan yang bisa dibilang berani tampil bedah”Ujar Roy semangat, Ya, Brand Mutouch ini unik sebut Roy Tungari Iagi, ditengah pangsa pasar Sabun Cair yang identik dengan warna dasar kemasan putih, Mutouch justru hadir dengan warna hitam yang elegan sebagai warna dasar untuk kemasannya, dan ini menjadi ciri khas sekaligus daya tarik dari Produk Mutouch.
Dengan mengusung berbagai nilai tambah, antara lain Sabun cair dengan bahan alami yang memilki kandungan Goat’s milk, moisturizer, ph balance serta kadar Paraben 0% adalah berbagai hal yang nyatanya mampu menjawab berbagai kebutuhan dari pasar pengguna Sabun Cair berkualitas yang juga mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi penggunanya saat ini, dimana konsumen sudah sangat selektif dalam memilih serta menggunakan berbagai produk perawatan tubuh yang ada dipasaran. Lebih dari itu perfume yang digunakan tidak tanggung-tanggung merupakan produk berkualitas besutan dari team R&D di Eropa dan France Perfumery dari Perancis, ungkap Roy Tungari kepada Pers, sehingga wangi yang melekat sangat mewah dan tentunya pas sekali dengan selera keluarga terlebih khususnya bagi wanita Indonesia, tambahnya.
Lebih lengkapnya, Mutouch, saat lni hadir dalam 2 kategorl, yaitu Shower Cream yang tersedia dalam A varian [1] Mutouch with Pearl & Mulberry. [21 Mutouch with Royal Jelly & Honey, [3] Mutouch with Green Tea, [4] Mutouch with English Lavender & Rosemary, dan Body Lotion yang tersedia dalam 3 varian yaitu [11 Mutouch Body Lotion Pearl & Mullbeny. [2] Motouch Body Lotion Collagen with Vitamin E, dan [3} Mutouch Body Lotion with English Lavender & Rosemary.
Masing masing varian dari Motouch Shower Cream dan Body Lotion memiliki manfaat dan keunikan tersendiri pada kandungannya, seperti Mutouch Pearl and Mulberry memilki khasiat merawat dan memelihara kesehatan kulit dengan memberikan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit, sekaligus mencerahkan kulit, Mutouch with Royal Jelly & Honey mengandung banyak sekali manfaat dari Madu dan Royal Jelly, memberikan banyak nutrisi khusus yang dibutuhkan kulit agar tetap tampil sehat dan segar, Mutouch with Green Tea memiliki segala kebaikan dari Green Tea yang membantu untuk melawan radikal bebas serta membantu mencegah proses penuaan dini,Mutouch Body Lotion with English Lavender & Rosemary memiliki keharuman yang menenangkan khas Eropa yang lembut dan membantu proses relaksi tubuh dan kulit setelah beraktifitas sehari penuh, dan terakhlr untuk Mutouch Body Lotion Collagen with Vitamin E adalah best seller dari Produk Body Lotion Mutouch yang terkenal karena kandungan Collagen dan Vitamin E yang sangat berperan dalam menjaga elastisitas kulit, proses regenerasi kulit serta menjaga agar kulit tetap kencang, tampil sehat dan bercahaya.
Meskipun sudah hadir cukup lama pada pasar lndonesia, secara khusus Brand Mutouch belum benar-benar menegaskan kehadirannya pada public maupun media, oleh sebab itu diharapkan dengan adanya Event Launching ini, maka kehadiran Brand Mutouch di lndonesia secara resmi telah dikukuhkan, tentunya dengan harapan akan semakin menambah kepercayaan diri konsumen Mutouch pada khususnya, yang akan berimbas pada pertumbuhan distribusi maupun peningkatan penjualan Brand Mutouch kedepannya.
Berbagai portofolio yang saat ini dipegang dan didistribusikan oleh PT. Era Ventura lndonesia antara lain Merk Mutouch, Bath Mocktail, Palmieros, DoraMaar, dan Kustie. Pada tahun 2017 nanti, Era Ventura lndonesia akan meluncurkan berbagai produk baru dan berbagai kategori baru masih dalam bidang Personal Care seperti produk perawatan rambut (Hair Care shampoo and Hair Tonic) dan perawatan wajah (Face Mask) serta beberapa yarian baru dari pengembangan Brand Mutouch maupun berbagai,selain bertujuan Brand lainnya yang sudah ada.