IPNU DKI Kerjasama Dengan Global Peace Foundation Ciptakan Gerakan 1 Juta Pelajar Menulis

Sesi foto bersama pelajar NU setelah gelar Training of trainer 1 juta pelajar menulis
Jakarta, beritash.com - Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PW. IPNU) DKI Jakarta bekerjasama dengan Global Peace Foundation Indonesia mengadakan program 1 Juta Pelajar menulis dengan tema “Tolerance, Peace and Love”. Program ini diawali dengan kegiatan Training Of Trainer yang diadakan di Gedung PWNU, Jakarta, Minggu (29/1).

Kegiatan Training of Trainer fasilitator yang akan terjun ke sekolah ini merupakan angkatan pertama ini diharapkan akan menjadi awal untuk memulainya program tersebut.

Muchtar, Ketua Panitia dalam kegiatan ini mengharapkan dalam kegiatan Training Of Trainer ini menjadi titik awal untuk mulai membuka wawasan terkait dunia karya tulis dan juga memberikan bekal terhadap peserta yang akan menjadi fasilitator dalam sosialisasi dan membantu merealisasikan program 1 Juta Pelajar Menulis ini.

Menurut Muhammad Muhadzab, Pelajar sekarang sedang menghadapi fase krisis membaca dan menulis, jika hal ni dibiarkan maka pelajar keluar dari konteks pelajar dan harapan bangsa akan sirna.

"IPNU DKI dengan Global Peace Fondation Indonesia berupaya untuk membimbing dan memotivasi pelajar untuk senang menulis oleh karena itu gerakan 1 Juta Pelajar Menulis ini memfasilitasi pelajar untuk berkarya dalam menulis,” jelas Muhamad Muhadzab Ketua IPNU DKI Jakarta.

Selain itu Novan Dwi Andhika, mentor dari Global Peace Foundation, berharap dengan adanya program ini akan membangkitan semangat generasi muda dalam menghasilkan karya tulis.

“Kita sudah banyak kehilangan karya tulis sejak zaman dahulu akibat ulah tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Mulai sekarang mari kita bangkitkan lagi semangat menulis para generasi muda dengan karya yang penuh makna dalam bingkai toleransi, perdamaian dan kasih,” ucap Novan.

Angkatan pertama kegiatan ini dihadiri oleh 50 fasilitator yang nantinya akan bertugas untuk mensosialisasikan program ini dengan target awal yaitu 1000 pelajar untuk angkatan pertama.

Dijelakaskannya lebih lanjut teknis kegiatan ini, lanjut Adam, sapaan akrabnya Muhamad Muhadzab, bahwa fasilitator ini nantinya akan masuk ke sekolah-sekolah dan pondok pesantren yang ada di Jakarta. Prioritasnya pada sekolah negeri baik SMA, SMK maupun MA. Mereka akan memberikan materi kepada 20 orang duta pelajar menulis dari setiap sekolah yang akan kita sosialisasikan.

"Masing-masing pelajar harus membuat sebuah cerpen (cerita pendek) dengan tema ‘Tolerance, Peace and Love’. Hasil yang terbaik dari setiap duta pelajar menulis di setiap sekolah akan dibukukan menjadi kumpulan cerpen dan juga hasil dari 20 duta ini dari setiap sekolah akan dibukukan untuk masing-masing sekolahnya". jelasnya

Dengan diselenggarakannya kegiatan Training Of Trainer ini menandakan dimulainya program 1 Juta Pelajar Menulis yang diharapkan akan tuntas pada akhir Februari nanti. (Hadi)