Kesegaran Jasmani Penentu Kenaikan Pangkat Prajurit Kostrad

Beritash (Penkostrad. Rabu, 15 Maret 2017). Sebanyak 351 orang prajurit Divisi Infanteri 2 Kostrad yang berasal dari Satuan Brigif Mekanis 6 Kostrad, Yonif Mekanis 411 Kostrad, Yonif Mekanis 412 Kostrad, Yonif Mekanis 413 Kostrad dan Yonarmed 11 Kostrad melaksanakan tes kesegaran jasmani (Garjas) di Markas Batalyon Infanteri Mekanis 413 Kostrad di  Sukoharjo, Jawa Tengah.

Adapun kesegaran jasmani yang dilaksanakan meliputi Garjas “A” (lari sejauh 3.200 meter) dan Garjas “B” yang terdiri dari Pull Up, Pus Up, Sit Up dan Shuttle Run. Serta materi tes ketangkasan yaitu renang militer dasar dengan menempuh jarak sejauh 50 meter dengan gaya dada dan menggunakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL). Materi ketangkasan renang militer dasar ini dilaksanakan di kolam renang Intan Pari Karanganyar.

Kegiatan tes Garjas ini merupakan syarat dalam Usulan Kenaikan Pangkat periode 1-10-2017. Kegiatan diawali dengan pengecekan tensi bagi peserta Garjas oleh tim kesehatan dari Yonif Mekanis 413/6/2 Kostrad, Selanjutnya peserta Garjas melaksanakan senam peregangan dan pemanasan kemudian pembagian nomor dada kepada peserta agar memudahkan penilaian dalam pelaksanaannya. Peserta yang telah melaksanakan Garjas keesokan harinya melaksanakan tes renang militer dasar di kolam renang Intan Pari.

Kenaikan pangkat merupakan hak dan kesejahteraan bagi setiap prajutrit TNI, namun itu semua tidak akan datang begitu saja tanpa berlatih untuk mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan. Mereka harus memenuhi syarat administrasi, kemudian melalui beberapa tahap seleksi mulai tingkat satuan, Brigade dan Divisi seperti yang dilaksanakan sekarang ini.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Jasmani (Kajas) Divif 2 Kostrad, Mayor Inf Tentrem. “Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk sikap dan postur prajurit yang handal serta professional. Untuk itu, Laksanakan dengan serius dan sunguh-sunguh, namun tanpa mengurangi faktor keamanan dan keselamatan” jelasnya.

Autentikasi :
Kapen Kostrad, Letnan Kolonel Inf Agus Bhakti, S.I.P.
HP. 082121090096