Tegakkan Peraturan Berlalu Lintas, Prajurit Kostrad Lakukan Pengecekan Kendaraan

Beritash (Penkostrad. Kamis, 9 Maret 2017).Batalyon Infanteri Raider 509 Kostrad melaksanakan pengecekan kelengkapan administrasi dan kondisi fisik kendaraan prajurit di lapangan Markas Batalyon Infanteri  Raider 509 Kostrad, Sukorejo, Jember, Jumat (3/3).

Kegiatan pengecekan tersebut merupakan salah satu usaha satuan dalam meminimalisir terjadinya pelanggaran lalu lintas, sehubungan akhir-akhir ini sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada prajurit di Satuan lain.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari informasi yang didapat bahwa selama 21 hari kedepan, mulai bulan Maret ini akan dilaksanakan Operasi Gaktib oleh Dirlantas Polri dan Pom TNI di seluruh Indonesia.

Adapun sasaran operasi tersebut meliputi  kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor (SIM dan STNK), pemakaian helm berstandar SNI, perlengkapan standar kendaraan seperti spion, lampu sein dan lampu rem, serta pemeriksaan stiker pada kendaraan yang tidak sesuai penggunaannya.

Dari pemeriksaan tersebut, Pasi Intel Yonif Raider 509 Kostrad Kapten Inf Ryan Krisna menyampaikan, “Hasil pemeriksaan pada kendaraan dinas tidak ditemukan pelanggaran, baik yang bersifat ringan maupun berat. Namun pada kendaraan pribadi masih ditemukan beberapa kekurangan kelengkapan kendaraan seperti ban yang gundul, lampu sein yang tidak menyala dan speedometer yang mati. Sedangkan untuk kelengkapan surat-surat kendaraan, baik pada kendaraan dinas maupun kendaraan pribadi secara keseluruhan sudah lengkap”, ungkapnya.

Kapten Inf Ryan Krisna juga menambahkan, “Yang perlu dipahami oleh seluruh personel adalah bahwa pemeriksaan dilaksanakan bukan untuk mencari kesalahan dan kekurangan anggota, namun untuk mengingatkan para anggota bahwa pentingnya kelengkapan administrasi berkendaraan di jalan”, tambahnya.

Autentikasi :
Kapen Kostrad, Letnan Kolonel Inf Agus Bhakti, S.I.P.
HP. 082121090096