Dalam Rangka Hari Peringatan TNI Angkatan Udara Dihayati TNI yang ke-71tahun 2017.

Beritash, Jakarta 9, April 2017---Dan Seluruh Komponen Bangsa Agar TNI ke Depan untuk Menjaga kedaulatan dan negara kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai,
Para perwira bintara dan tantama,serta pegawai sipil Angkatan Udara.Dalam Rangka Hari Peringatan TNI Angkatan Udara Republik Indonesia.Hal tersebut kita saling mengingatkan kepada para sesepuh,pelopor dan putra-putri terbaik TNI atas penghormatan,jasa-jasa nya sungguh kejayaan bangsa dan negara di samping itu peringatan ini juga perlu kita jadikan sebagai introspeksi apakah TNI Angkatan Udara saat ini telah mampu memainkan dengan peran tugas dan sebagai penjaga kedaulatan.Jujur kita harus akui masih banyak yang kita bisa perbaiki agar tugas yang telah diamanahkan negara kepada TNI Angkatan Udara dapat di jalankan sesuai dengan perundang-undangan,berangkat hal tersebut sesuai dari komitmen kita dengan tema peringatan yaitu"Landasin Jiwa Ksatria,royal dan professional,"TNI Angkatan Udara siap menjaga kedaulatan kesatuan negara Republik Indonesia.Tema tersebut memiliki  dua sudut pandang yaitu untuk TNI Angkatan Udara sebagai intropeksi dan untuk kesejahteraan rakyat,dengan mendukung terwujudnya tujuan pembangunan nasional.

Membangun suatu negara,membangun ekonomi, membangun teknik,membangun pertahanan adalah pertama -tama,dan tahap utamanya adalah membangun jiwa.mencermati hal tersebut, jiwa prajurit penjaga dirgantara bukan hanya pintar,loyal
dan Professional, yang saya merangkum sebagai jiwa Airmanship.Pintar tidak diimbangi dengan sifat ksafria tidak akan bertanggung jawab, pintar tanpa militansi akan.mudah menyerah dan pintar tidak punya loyalitas akan menjadi disertir.
Untuk itu, saya tekankan kepada seluruh airman, agar selalu bertindak dan bersikap sesuai kode etik Prajurit TNI, yaitu Sapta Marga, Sumpah Prajurit,Delapan Wajib TNl dan Sebelas Azas Kepemimpinan.

Disamping itu, salah satu konsekuensi iogis dari airmanship adalah, faktor keselamatan terbang dan kerja yang menjadi tolak ukur keberhasilan dalam setiap embanan tugas.

Oleh karena itu,saya minta agar selalu menempatkan faktor keselamatan dalam setiap pelaksanaan tugas.Inilah yang saya maksudkan terkait dengan sudut pandang untuk angkatan udara sebagai introspeksi.
Ditinjau dari sudut pandang kedua yaitu untuk kesejahteraan rakyat,maka peran TNI Angkatan Udara harus seiring dan sejalan dengan visi dan misi pemerintah yang di rumuskan kedalam sembilan agenda prioritas yang dikenal dengan Masa Cita,diantaranya menghadirkan kembali negara yang melindungin segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara.

Implentasi dari hal tersebut,maka konsep gelar kekuatan harus mengacu kepada bentuk ancaman,baik potensial maupun faktual kemampuan Alutsista dan gelar kekuatan yang merata,sehingga mampu memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara,karena ruang udaranya telah dijaga.

Selanjutnya, membuat pemerintah selalu hadir dengan tata kelola
pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya serta memperkuat kehadiran negara dalam melakukan reformasi sistem dari penegakan hukum yang bebas korupsi,bermartabat, dan terpercaya.

Dengan demikian,TNI Angkatan Udara perlu melakukan perbaikan di berbagai lini yang dirangkum dalam aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasanKe empat aspek tersebut,harus dilaksanakan dengan tertib administrasi sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.Khusus untuk pengadaan Alutsista,saya tegaskan agar dikelola secara transparan,akuntabel dan disesuaikan dengan prinsip+prinsip keuangan yang berlaku.Ketiga hatl tersebut harus dilaksanakan mulai dari tingkat pengambil kebijakan sampai dengan pelaksana di lapangan. tanggungjawab,maka Alutsista TNI Angkatan Udara akan mampu digunakan dengan optimal disamping itu TNI Angkatan Udara akan bebas dari korupsi, bermartabat,dan terpercaya sehingga menjadi pelopor dalam menciptakan clean goverment dan good govermem.

Disisi lain, terkait dengan keinginan pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,dalam rangka menjamin kedaulatan dan integritas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta mengamankan sumber daya alam dan Zona Ekonomi,Ekslusif, diperlukan kehadiran dan kekuatan Angkatan Udara yang kapabel.

Kehadiran kekuatan udara sesungguhnya bukan hanya sebagai deterrence power; melainkan memiliki nilai ekonomis, karena sesungguhnya, dimensi kedirgantaraan yang menjadi ruang pengabdian TNI Angkatan Udara, telah berkembang dengan spektrum yang semakin cepat, luas dan signifikan.

Saat ini,wilayah udara bukan lagi kosong yang tidak bermakna,melainkan menjadi bagian wilayah yang sang menentukan bagi kepentingan nasional dan kelanjutan
suatu bangsa.

Bercermin dari hal tersebut,TNI Angakatan Udara perlu ikut berperan aktif pembangunan nasional dengan mendukung terwujudnya tol udara, sehingga penetapan satu harga diseluruh Indonesia bisa terwujud. ltulah makna TNI Angkatan Udara bersama rakyat yang kehadirannya bisa dirasakan secara langsung,baik dalam aspek pertahanan maupun pembangunan untuk kesejahteraan bangsa.

Untuk mencapai itu semua bukanlah hal yang mudah karena membangun Angkatan Udara yang modern diperlukan anggaran yang besar termasuk dukungan politik negara. Akan tetapi ada point penting yang harus kita pahami yaitu,

modernisasi TNI Angkatan Udara akan menjadi sia-sia,apabila tanpa diawakili oleh prajurit yang,berjiwa Ksatria, militan, loyal dan professional.

Hadirin dan peserta upacara yang saya hormati.
Sebelum mengakhiri amanat ini, sekali Iagi saya sampaikan rasa hormat,bangga serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para sesepuh,senior, peIopor dan putra-putri terbaik Angkatan Udara,atas pengabdian dan jasa-jasanya, dalam meletakkan Iandasan yang kokoh bagi pertumbuhan dan perkembangan TNI Angkatan Udara.

"Ucapan terima kasih dan penghargaan yang sama, juga saya sampaikan kepada seluruh prajurit beserta keluarga besar Angkatan Udara, atas kesetiaan, pengabdian dan pelaksanaan tugas yang tulus kepada Angkatan Udara, TNI, bangsa dan negara selama ini",ujar Hadi Tjantiarno,S.I.P