Di Hardiknas 2017, Bimo Sasongko: Reformasi Pendidikan Dengan Cara 3 N

CEO Euro Management, Bimo Sasongko
Jakarta, beritash.com - Genderang reformasi pendidikan sudah digaungkan yang mulai dicanangkan pada tahun ajaran baru 2017-2018.

Seperti yang dinyatakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, bahwa Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017 menjadi titik tolak untuk melakukan reformasi pendidikan nasional.

Menurutnya, Reformasi ditekankan untuk merubah durasi waktu sekolah seperti  jam kerja guru dan jam belajar murid. Kegiatan belajar mengajar di sekolah akan diselenggarakan minimum delapan jam dalam sehari yakni dari pagi hingga sore namun ditiadakan pada Sabtu dan Minggu.

Direktur Euro Management Bimo Sasongko menjelaskan dalam reformasi pendidikan tidak harus melalui metode indoktrinasi yang kaku. Membentuk karakter dan sikap positip para siswa perlu merubah metode pengajaran sehingga siswa merasa riang gembira dan terbuka imajinasinya dalam menerima pelajaran.

"Jangan ada lagi siswa merasa tertekan saat menerima mata pelajaran apapun. Mata pelajaran yang dianggap momok, seperti Matematika, IPA dan bahasa asing dibuat tidak lagi menakutkan dan tidak menjemukan". jelasnya

Bimo mengutip sebuah metode yang dirumuskan oleh Ki Hajar Dewantara yang sangat relevan  untuk membentuk karakter siswa terkait dengan kemajuan jaman yang sangat ditentukan oleh kapasitas inovasi. Metode 3N yang memakai istilah bahasa Jawa tersebut sangat relevan bagi pelajar hingga dunia usaha. Yaitu 3 N (Niteni, Neroke, Nambahi).

Lebih lanjut Bimo menjelaskan soal arti 3 N yang menurutnya sangat tepat dilakukan untuk mereformasi pendidikan.

"Jadi siswa diharapkan selalu memperhatikan unsur N yang pertama yakni “Niteni” atau mengamati kemajuan teknologi atau perkembangan produk. N yang kedua adalah “Neroke” atau menirukan kemajuan teknologi atau perkembangan produk. Lalu unsur N yang ketiga adalah “Nambahi” atau menambahkan (modifikasi)". jelas pria ini yg juga merupakan ketua umum Ikatan Alumni Habibie

Menurutnya, metode 3N diatas sebaiknya ditanamkan kepada para siswa sekolah dengan cara-cara yang mengasyikan dan penuh ceria seolah mereka sedang berwisata. (fr)