Ramadhan 1438 H Dompet Dhuafa Zakat 330 Wujud Semangat Membuka Belenggu Kamiskinan

Beritash, JAKARTA. IO Mai 2017 -Tak lama Iagi,seIuruh umat musIim di dunia menyambut suka cita datangnya buIan penuh berkah.Ya,bulan Ramadhan begutu dinanu somua urn-I muslum. Bulan panuh berkah tersabut seIaIu identik dengan zakat dan tuna ”Ingat arena berbagi dari yang berpunya kepada sesama yang membutuhkan.

Berbagai kebaikan tumpah-ruah dalam wujud berbagai kegiatan di buIan tersebut.Dari sekedar berbagi takjil sebagai menu berbuka.santunan bagi dhuafa.hingqa menghadirkan bahagia di hari raya melaluI parseI Iebaran dan juga mudik berkah,serasa menjadi pewama Ramadhan.Seperti halnya Dompet Dhuafa yang memasuki tahun ke-24,terus berupaya menebar bahagia dan menumpas beIenggu kemiskinan meIaIui zakat,Infak,sedekah dan wakaf (Ziswaf).

Di Ramadhan,malanjutkan gerakan Zakatnesia. Dompet Dhuafa mengusung tema #Zakat360 dengan semangat membuka belenggu kemiskinan.Sehingga gerakan tersebut hadir sebagai gaya hidup berzakat yang terus menyatu daIam budaya Indonesia.Dimana zakat menjadi kebiasaan wajib ditunaikan umat IsIam dan mangubah kondisi kemiskinan menjadi keberdayaan.

"Pada Ramadhan kali ini, kami terus menyerukan gerakan kebaikan dari berzakat.Karena dengan zakat dan juga infak,sedekah,serta wakaf, teIah terbukti mampu mangangkat kaum dhuafa menjadi insan yang berdaya.Sehingga,semangat #Zakat360,Buka Belenggu Kemiskinan,serasa cocok menjadi semangat k'ita semua daIam menghadirkan gerakan kebaikan di Ramadhan ini."ungkap Imam RuIyawan, Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi,dalam acara Press Conference Ramadhan 1438 H di Jakarta.

Imam menambahkan,untuk menguatkan gerakan tersebut,beberapa program seIama Ramadhan 1438 H telah dirancang Dompet Dhuafa.Dari 1438 kantong darah untuk Peduli Thalasemia,Festival Kuliner, berbagi ParseI Lebaran.Sahabat Berbagi Harapan, Mudik Berkah dan Aman,Ramadhan di Suriah dan SomaIia, serta beberapa program lain siap menyemarakkan buIan penuh berkah dan ampunan ini.

"Program-program tersebut tentu Iak berdampak banyak tanpa dukungan masyarakat semua.Karena dengan gerakan bersama,akan semakin mudah mewujudkan bahwa zakat dan keberkahan Ramadhan dapat membuka beIenggu-beIenggu kemiskinan yang ada,"jeIas Imam.

Membuka Belenggu Kemiskinan

Dompet Dhuafa tentu memiliki target untuk terus memberdayakan masyarakat,khususnya dhuafa melalui  dana zakat,infak,sedekah, dan wakaf (Ziswaf) yang terhimpun.Target tersebut tentu memacu  semangat membentang kebaikan ke Berbagai wilayah di Tanah Air dan mancanegara.Sampai penghujung 2016,tercatat 14.969.836 penerima manfaat program-program pemberdayaan Dompet Dhuafa yang 
tersebar di berbagai penjuru dunia khususnya Indonesia.

Guna menggelorakan semangat tersebut.Dompet Dhuafa kampanye #Zakat360.Melalui kampanye tersebut.Dompet Dhuafa berupaya mensyiarkan dan mengedukasi masyarakal terkait kakuatan zakat bagi pengentasan kemiskinan di Indonesia.

Ha tusebd di atas tentu bukan mimpi belaka.Telah banyak bukti zakat menberdayakan masyarakat dhuafa.Dan" Banten ada kisah lbu Wasti.Salah satu penerima manfaat program ekonomi Kerang Hijau tersebut,awalnya disangka korupsi oleh masyarakat Lantaran ia berkhtiar dengan memotong sebagian bantuan untuk modal awal menggerakkan koperasi bersama komunitas di desa tempat tinggalnya.Alhamdulillah saat ini koperasi tersebut kian berkembang dan mampu menyisihkan dan penghasilan yang diperoteh untuk berzakat melalui Dompet Dhuafa.

Kemudian melaju ke Yogyakarta,dan musibah erupsi Gunung Merapi 2010 silam.Kini masyarkat  Cangkringan,Sleman,Yogyakarta, mulai menuai berkah melalui Rumah Susu yang merupakan pemberdayaan ekonomi Dompet Dhuafa pasca erupsi Merapi Tak berhenti di situ saja,akhir 2014,melalui gerakan bersama,donatur Dompet Dhuafa berhasil membuka lahan di Subang untuk memberdayakan petani setempat metalui potensi lokalnya.

Pembukaan Iahan di Subang kini telah membuahkan hasil.Kebun buahnya telah merekahkan berkah yang kini menjalar pada pengembangan potensi ternak. Masyarakat sekitar juga telah menikmati hasilnya. buah berkah dan kekuatan zakat.

"Dalam mengolalah gerakan kebaikan bersama dari kekuatan zakat,kami terus berupaya mengajak publik untuk berkontribusi terhadap Indonesia melalui zakat. Dengan kita mengeluarkan kewajiban 2.5 persen dari penghasilan setiap bulan dan disalurkan melalui lembaga pengelola zakat yang kredibel,tentu akan semakin mudah memberdayakan sesama,"tutur imam. 
Selan sebagai kewajiban dan membersihkan harta bagi yang menunaikannya (muzaki),zakat memang memberikan manfaat bagi para penerimanya (mustahik).Zakat merupakan salah satu ibadah yang memiliki dimensi sosial.Berzakat mengajarkan nilai-nilai kepedulian dan empati terhadap sesama yang berkekurangan.Terlebih pada semangat #Zakat360,di sini kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjadikan zakat sebagai kunci pembuka belenggu kemiskinan di negari ini.

Kemudahan den lnovasi Layanan Donasi

Dompet Dhuafa mempersiapkan berbagai layanan untuk mempermudah masyarakat meluaskan aktivitas kebaikan di bulan Ramadhan.Dompel Dhuafa menghadirkan kemudahan menunaikan Ziswaf melalui kanaI perbankan, QR Code, e-Money,dan 90 konter di beberapa mall,perkantoran,pusat perbelanjaan,dan seluruh jaringan Hypermart dan Matahari di Indonesia. 
Selain itu,Dompet Dhuafa juga berkejasama dengan perusahaan e-commerce dan digital.Kemudian Dompet Dhuafa tetap setia menghadirkan layanan jemput zakat,konsultasi 24 jam online seputar Ziswaf dan tema keislaman.Selama bulan Ramadhan. Dompet Dhuafa berusaha menghadirkan berbagai layanan yang memudahkan masyarakat melakukan amal kebaikan.

Tentang Dompet Dhuafa 
Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, lnfak, Sedekah, Wakaf),serta dana lainnya yang halal dan legal,dari perorangan, kelompok,perusahaan/lembaga).Selama 23 tahun lebih,Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial,kesehatan,ekonomi,dan kebencanaan serta CSR.