Danyonif Mekanis 411 Kostrad Pimpin Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila

Beritash(Penkostrad. Kamis, 1 Juni 2017). Danyonif Mekanis 413 Letkol Inf Arif Munawar, S.E. memimpin upacara hari lahir Pancasila tahun 2017 yang mengambil tema " Saya Indonesia Saya Pancasila" di lapangan Yonif Mekanis 413/Bremoro, Palur, Sukoharjo.

Dalam sambutannya Letkol Inf Arif Munawar, S.E. membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa pagi hari ini dapat berkumpul menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila guna meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar pada Founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bias membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Pada akhir amanat bapak Presiden Republik Indonesia menyampaikan untuk tetap menjaga perdamaian, dan jaga persaudaraan diantara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa, mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan bangsa Indonesia.

Selain melaksanakan upacara di lapangan Yonif Mekanis 413/BMR, satuan Yonif Mekanis 413/BMR juga mengirimkan satu Peleton dipimpin Lettu Chb Sukoco melaksanakan upacara hari lahir Pancasila  di halaman kantor Walikota Surakarta dan satu Peleton lagi dipimpin Kapten Inf Aris Sakti yang melaksanakan upacara hari lahir Pancasila di halaman Kantor Setda Kab. Sukoharjo.

Autentikasi :
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Bhakti, S.I.P.
HP. 082121090096