Guspurla Koarmabar Amankan Tug Boat dan Tongkang Memuat Kayu Akasia 5.300 Metrik Ton

BeritashJakarta, 7 Juni 2017,-- Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Guspurla Koarmabar) yang dipimpin Komandan Guspurlaarmabar Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., memeriksa dan mengamankan Tug Boat yang menarik Tongkang bermuatankayu akasia seberat 5.300 metrik ton tanpa dokumen lengkap, Rabu (7/6).

 

Tug Boat (TB) Karya Sejahtera 2yang menarik Tongkang (TK. BG. KBS 2502) tersebut, diperiksa dan diamankan oleh KRI Lepu-861 salah satu unsur yang tergabung dalam Operasi Prasama Udhaya di bawah kendali operasi (BKO) Guspurla Koarmabar. Saat dilaksanakan pemeriksaan, Tug Boat Karya Sejahtera 2 dengan ABK berjumlah 8 orang tersebut dalam pelayaran dari Palembang dengan tujuan Pekan Baru.

 

Dari hasil pemeriksaan sementara, Tug Boat tersebut telah melakukan pelanggaran dengan berlayar tanpadilengkapi Siupal, surat ijin trayek sudah tidak berlaku, tidak ada sertifikat manajemen keselamatan serta membawa muatan over load.

 

Berdasarkan pelanggaran tersebut, Tug Boat dan Tongkang beserta ABK dan muatannya dikawal menuju Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bangka Belitung guna melaksanakan proses hukum lebih lanjut.

 

Demikian berita Dinas Penerangan Koarmabar.