Indonesia Law Enforcement Watch (ILEW) Diskusi Publik Menyingkap Kinerja KPK Sebuah Ikhtiar Penegakan Hukum

Beritash,Jakarta,12 Juni 2017- Secara umum literature yang membicarakan korupsi atau ketentuan yang mengatur tentang korupsi, khususnya berkenaan dengan perbuatan melawan hukum atau menyalahgunakan kewenagan ,selalu di kaitkan dengan suap menyuap. Hal ini agak berbeda dengan ketentuan pasal 2 tat(1) dan pasal 3 UU Tipikor. Tanpa ada suap menyuap seseorang bahkan perseroan dapat dihukum karena melakukan perbuatan melawan hukum atau menyalahgunakan kewenangan.

Ini adalah salah satu hukum tertua, yang dapat kita baca tentang suap menyuap . Cerita tentang suap menyuap ini kita dapat ikuti dari bukunya Jhon T. Noonan,jr,yang terjadi sejak 2400 tahun sebelum masehi yang terjadi semua peradaban kuno. Salah satu cerita yang di kutif adalah cerita di Akkadian dengan judul "the Poor Man of Nippur"  pada tahun 1500 sebelum masehi. Suap menyuap itu adalah sejarah yang panjang dan sulit untuk diinkari dan keberadaan suap-menyuap itu sama tuanya dengan pemerintah di dunia ini. Bahkan ada mengatakan bahwa salah satu warisan manusia yang tidak pernah hilang adalah suap menyuap  selain kebaikan dan kemaslahatan. Suap-menyuap karena serakah karena kebutuhan. Keberadaanya bukan karena kekurangan ulama dan cerdik pandai, ahli moral etika, karena tidak ahli memahami akibat dari suap -menyuap terhadap ekonomi dan bangsa dan tidak adanya pengetahuan itu di larang oleh agama.
Pembicara;
Prof.Dr.Romli Atmasasmita SH,LLM
Dr.Maqdir Ismail,SH,LLM,
Drs.Agun Gunandjar Sudarsa,Bc
IP,M,Si.
Moderator:Effendi Saman,SH.

Apakah KPK adalah Komite Pemberantas Korupsi,KPK menjalankan dan mengawasi Pemerintah dalam pemberantasan korupsi.
Bagaimana potensi dalam menjalankan satu manajemen yang terpusat. KPK tidak boleh di sembarang orang untuk sebagai penyidik dan pengawas KPK.Jadi KPK tidak bisa sembarang orang untuk sebagai penyidik dan pengawas.
Malah yang dari pihak kepolisian yang cocok sebagai penyidik KPK.

Bagaimana tehnik untuk menkedepankan Hak Asasi Manusia, lalu orang teriam begitu saja itu bisa jadi kriminal. Prinsip KPK,berani dan jujur.Suap menyuap adalah sejarah yang panjang dan sulit untuk diingkari
Keberadaan sup-menyuap itu sama tuanya dalam pemerintahan di dunia ini.Bahkan ada yang mengatakan bahwa salah satu warisan manusia yang tidak pernah hilang yaitu suap-menyuap karena kebutuhan tapi bukan karena kekurangan ulama dan cerdik pandai,ahli moral atau etika atau tidak ahli yang memahami akibat dari suap-menyuap terhadap ekonomi bangsa dan bukan pula karena tidak adanya pengetahuan bahwa suap-menyuap dilarang oleh agama.Dalam faktanya suap-menyuap itu telah melampau segalanya,lintas waktu,lintas budaya bahkan lintas agama.Dan suap-menyuap itu terjadi dimana-mana,dinegara kaya atau negara miskin,di negara demokratis dan di negara tidak demokratis,meskipun tentu gradasinya berbeda.

Meskipun dalam kenyataannya hidup,kita dapat mengatakan bahwa tidak semua pejabat publik atau penyelenggara negara atau warga negara biasa mampu melakukan korupsi,
Karena secara factual masih banyak orang baik yang hidup secara baik dan tidak melakukan korupsi.Cukup banyak orang dianggap terbukti melakukan korupsi oleh pengadilan,tetapi senyatanya mereka adalah orang yang tidak jujur dan penuh kejahatan karena Jabatannya sampai terbukti secara kasat mata melakukan korupsi dan menikmati hasil korupsinya dengan cara mencolok mata.

Pada sisi lain,meskipun cukup banyak orang sudah dihukum karena dianggap terbukti melakukan korupsi di Indonesia.
Sebagai media harus selalu memberitakan tentang korupsi yang di lakukan oleh pejabat pusat maupun di daerah.Selalu saja ada yang tertangkap tangan oleh KPK.Ada pegawai negeri dan wakil rakyat yang sudah jelas-jelas korupsi,tidak mengenal waktu dan tempat untuk melakukan korupsi.

Untuk penegakkan hukum khususnya pemberantasan korupsi itu tidak memiliki efek pada kehidupan sehari-hari masyarakat.Artinya tidak salah kalau ada yang beranggapan bahwa pemberantasan korupsi kita telah gagal.Secara factual pemberantasan korupsi bukan maslah hukum saja.Korupsi juga merupakan masalah masyarakat
Budaya sehingga dalam rangka memerangi korupsi,perubahan budaya yang memungkinkan korupsi terjadi karena budaya tidak melarang secara tegas yang harus segera dilakukakan.

Pemerintah dan masyarakat anti korupsi,untuk memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya,
Kita harus segera melakukan kaji ulang kegiatan merupakan hal yang lumrah sudah menjadi korupsi.Akibatnya Seringkali penegakkan hukum menjadi orang sebagai koruptor karena jabatan bukan karena kejahatan.