Kiprah IABIE Dalam Membangun Bangsa

Ketua Umum IABIE, Bimo Sasongko bersama Presiden Ke 3 RI BJ Habibie
Jakarta, beritash.com- Meski usia dianggap tergolong masih dini, Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) sudah menorehkan namanya untuk negeri ini melalui anggotanya dengan potensi SDM lulusan terbaik luar negeri. 

Tahun 2013, tepatnya tanggal 2 bulan Agustus IABIE dideklarasi oleh perwakilan dari masing-masing negara Alumni tujuan beasiswa. Setelah 20 tahun bersinergi menata SDM teknologi demi kemajuan bangsa dalam hadapi masalah krisis multidimensi.

Berbeda dengan ikatan lainnya yang dibentuk kemudian melakukan program kerja, IABIE yang merupakan organisasi profesi bermula dari 1.500 lulusan SMA terbaik yang pernah mendapatkan Program Beasiswa BJ. Habibie selama periode 1982 hingga 1996 di berbagai negara maju, sudah banyak yang dilakukan untuk kemajuan bangsa ini.

Karena program yang digagas oleh Presiden RI ke-3 BJ Habibie, yang pada saat itu masih menjabat sebagai Menteri Riset, untuk memperkuat lembaga-lembaga di bawah Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan Badan Pengelolaan Industri Strategis (BPIS).

Ketua Umum IABIE, Bimo Sasongko menjelaskan visi IABIE adalah menjadi terdepan, inklusif memajukan iptek serta kapasitas inovasi di Tanah Air, merupakan sebuah kompetensi yang lahir dari dalam diri sebagai ungkapan terimakasih. Meski dengan modal alamiah berupa wadah perhimpunan alumni dengan bermacam portofolio kompetensi serta daya kreativitas dan inovasi.

"IABIE akan mewujudkan kepemimpinan unggul khususnya kepemimpinan dalam domain Iptek dan dunia usaha melalui sinergi yang kuat antar anggota dan sesama anak bangsa". ungkapnya

Bahkan saat ini, IABIE memiliki program kerja membantu pemerintah mewujudkan integrasi teknologi global yang kini sedang dibangun oleh Presiden Joko Widodo.

Selain juga berperan sebagai badan pemikir, badan analis yang berorientasi pada kebijakan pembangunan nasional dan inisiatif kerakyatan.

"Aktivitas sebagai badan pemikir juga diwujudkan dalam seminar, pendidikan, latihan, dan penjabaran ide yang bersifat strategis untuk pembangunan bangsa". lanjutnya

Tidak heran bahwa kiprah IABIE dinilai cukup besar dengan semangat berjuang bersama meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan pembangunan nasional di Indonesia khususnya strategi transformasi teknologi dan industri dengan wahana yang sesuai dengan semangat jaman. (Fr)